SIANTAR, HETANEWS.COM – Perhelatan Sinode Agung ke 63 Huria Kristen Indonesia (HKI) berlangsung dari tanggal 26-28 Maret 2021 di Auditorium Universitas Simalungun (USI) Jalan Sisingamangaraja, Kota Siantar, Jumat (26/3/2021).

Perhelatan itu untuk memilih 3 Ephorus, 3 Sekretaris Jenderal HKI yang baru untuk periode 2020-2025. Dalam kesempatan yang sama juga digelar pemilihan Praeses untuk 14 daerah, Majelis Pusat 15 orang, yang terdiri 8 orang dari kalangan pendeta dan 7 orang dari kalangan Sintua yang sudah melayani paling sedikit 5 tahun dan pemilihan pejabat Badan Pemeriksaan Keungan (BPK) HKI sebanyak 3 orang.

Sinode Agung HKI Ke-63 mengangkat tema "Sebab apa yang Engkau berkati, ya TUHAN, diberkati untuk selama-lamanya" 1 Tawarikh 17:27b"

Para calon Ephorus HKI yang ikut pemilihan diantaranya Pdt DR Batara Sihombing MTh, Pdt Jansen Simanjuntak MTh MM dan Pdt Firman Sibarani MTh. Sementara untuk calon sekretaris jenderal HKI diantaranya Pdt Hotman Hutasoit MTh, Pdt Dr Tony Hutagalung dan Pdt Salome Nainggolan STh MM.

Acara yang digelar di Auditorium tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat dimana para peserta dan para undangan wajib menunjukkan hasil pemeriksaan test antigen.

Para peserta yang hadir merupakan perwakilan dari 14 daerah dan para tamu undangan diperkirakan hingga 600 orang lebih

Pemilihan pemilihan tersebut dilaksanakan secara demokratis, yaitu dengan pola "Manjomput Nasiburat" (Sistem pengundian langsung). Pada prosesnya, nama-nama calon Ephorus dan Sekretaris dimasukkan pada satu wadah, lalu nama tersebut diambil para calon dan nama yang diambil pertama merupakan nama yang sah sebagai Ephorus HKI.

Ephorus HKI Pdt Manjalo Pahala Hutabarat STh MM menyampaikan kepada wartawan, Ephorus dan Sekertaris Jenderal HKI yang baru akan dipilih Sabtu 27 Maret 2021 dan Pelantikan akan digelar Minggu 28 Maret 2021 di gereja HKI jalan Melanton Siregar.

Harapan dan doa saya untuk pimpinan yang terpilih nanti, semoga Tuhan menyertai dan memampukan mereka untuk membawa gerbong HKI lebih maju kedepan,” ujar Pahala.

Pada acara tersebut turut hadir Kapolres Pematangsiantar, AKBP Boy Sutan Binangan Siregar, Bupati terpilih Simalungun Radiahpo Sinaga, sejumlah anggota DPRD Sumut Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani dan hadir juga Binsar Situmorang selaku staf ahli di Provinsi Sumut mewakili gubernur.