TOBA, HETANEWS.com - Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, melakukan kunjungan kerja ke lokasi destinasi wisata The Kaldera Nomadic Escape, Sibisa Kabupaten Toba, Rabu 24 Maret 2021.

RZ Panca mengatakan, salah satu hal yang diperlukan dalam pembangunan kawasan pariwisata adalah sistem pengamanan yang saling bersinergi.

Ia juga menyampaikan adat dan budaya menjadi hal yang sangat kental di masyarakat, karena adat dan budaya merupakan kearifan lokal yang harus dijaga. Namun melalui pariwisata, masyarakat harus bisa merubah pola pikir lebih baik dan maju.

"Oleh karena itu di berbagai bentuk kegiatan pengembangan harus ada pendampingan oleh personil Polri dengan melakukan pendekatan komunikasi terhadap masyarakat," katanya. 

Kunjungan Kapolda Sumut ini dalam rangka mendukung program destinasi nasional dengan melihat langsung sarana prasarana yang ada. 

Diharapkan pembangunan lokasi wisata menjadi maksimal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Humas Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Jonang MP Sitorus menyampaikan, program pariwisata tetap mengutamakan kearifan lokal dan memberdayakan masyarakat lokal.

Jonang juga mengakui permasalahan yang sering dihadapi oleh BPODT adalah masalah pembebasan Lahan yang sering sekali diklaim masyarakat atas kepemilikan wilayah. 

"Saat ini kebanyakan masyarakat mengalami perubahan pola pikir karena adanya informasi akan masuknya investor dalam pengembangan lokasi pariwisata."

"Sehingga masyarakat berlomba-lomba merebut tanah sengketa sehingga mendapatkan uang atas ganti rugi ketika tanah ingin dikuasai." ungkapnya.

Penulis: Kontributor Toba, Feri

Baca juga: Ini Pernyataan Kapolres Toba Soal Pengerukan Kaldera