JAKARTA, HETANEWS.com - Wali Kota Medan Bobby Nasution bukan mengajak istrinya Kahiyang Ayu berlibur atau ke mal. Bobby malah mengajak putri Presiden Joko Widodo itu main banjir-banjiran di Kota Medan.

Medan pada Selasa 23 Maret memang diguyur hujan deras. Akibatnya Medan Tuntutan dan Medan Johor tergenang. Bobby pun langsung turun ke lapangan.

"Hujan deras di sejumlah kawasan di Kota Medan kembali mengakibatkan genangan banjir terutama di Kecamatan Medan Tuntungan tepatnya di Jalan Jahe depan Pajak Jahe Perummnas Simalingkar," kata Bobby dikutip Rabu, 24 Maret.

Di lapangan, Bobby yang turun langsung bersama Kahiyang Ayu. Mereka tampak romantis sembari bergandengan tangan menyapa warga yang terdampak banjir.

Baca juga: Bantu Bobby Nasution, Kahiyang Ayu Ingatkan Tim PKK Gerakkan UMKM Medan

"Ternyata salah satu penyebab terjadinya banjir karena banyak parit yang ditutup secara permanen oleh warga. Akibatnya, sedimentasi parit menumpuk dan tak lagi mampu menampung debit air," kata Bobby.

Kedunya tampak mengenakan baju putih. Tanpa ragu mereka menerjang banjir, sesekali menyapa warga. Disana Bobby melakukan mediasi mengenai pembukaan parit yang ditutup. Warga pun mengiyakan permintaan Bobby.

Bobby juga memeriksa parit itu. Dia langsung memerintahkan pejabat setempat untuk membernarkan.

"Untuk itu saya juga langsung memerintahkan Camat Tuntungan untuk segera berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) agar segera mengerjakan pembongkaran parit dan membersihkan sedimentasi," kata Bobby.

Baca juga: Ketua DPRD Medan Ingatkan 2 PR yang Harus Diperbaiki Bobby Nasution

Sebelum banjir datang, Bobby Nasution sudah bergerak cepat melakukan normalisasi parit hingga bersih-bersih sampah agar tak menghambat saluran air.

Program normalisasi parit di Medan digenjot Bobby Nasution bersama wakil wali kota Medan Aulia Rachman. Di sejumlah kecamatan, program ini digencarkan. Alat berat pun diturunkan. 

Kolaborasi, kata kunci yang digaungkan Bobby Nasution untuk penanganan banjir Medan. Maksudnya, Pemko Medan tetap butuh bantuan Pemda di sekitarnya untuk bahu-membahu membereskan pangkal persoalan banjir yang menahun. Kolaborasi ini yang digerakkan Bobby Nasution dengan menemui perwakilan Pemkab Deli Serdang.

"Banjir menjadi masalah besar yang dapat diselesaikan jika terjalin koordinasi dan kolaborasi yang baik dari semua pihak," ujar Bobby.

Baca juga: Cek Banjir di Medan Bareng Kahiyang, Bobby Janji Segera Perbaiki Parit

Dalam pertemuan, Wali Kota dan Pemkab Deli Serdang sepakat bekerjasama dalam mengatasi kebersihan, genangan, banjir dan masalah lainnya. Terlebih, banyak kawasan Medan yang berbatasan langsung dengan Deli Serdang.

"Saya yakin akan membawa kebaikan bagi kedua belah pihak," kata Bobby.

Persoalan banjir Kota Medan menurut menantu Jokowi tak pernah kunjung selesai. Karena itu program Medan Tajir menjadi program prioritas bersama calon wakil wali kota Medan, Aulia Rachman.

“Untuk menyelesaikan banjir ini perlu kolaborasi antara Pemkot Medan, Pemprov Sumut dan pemerintah pusat,” kata Bobby.

Baca juga: Serobot Sempadan Sungai Deli, Bobby Minta Pengerjaan Bronjong Dihentikan

Sumber: voi.id