JAKARTA, HETANEWS.com - Co-founder and Managing Partner East Ventures, Willson Cuaca, merasa potensi ekonomi digital di Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Potensi tersebut semakin pesat akselerasinya dengan adanya pandemi COVID-19.

“Menurut saya dengan ada pandemi atau tidak adanya pandemi, posisi Indonesia di regional itu sudah menjadi nomor 1, khususnya di kawasan Southeast Asia. Apakah kita berada di top 5 atau 10 dunia saya rasa kita sudah enggak jauh dari sana,” kata Willson saat webinar yang digelar katadata, Selasa (23/3).

Bukan tanpa alasan Willson memberikan pernyataan tersebut. Ia mengungkapkan beberapa alasan ekonomi digital di Indonesia melebihi negara tetangga karena besarnya jumlah penduduk.

“Alasan kita bisa seperti itu karena, satu, populasi Indonesia yang masih muda. Kedua, populasi yang besar, dan ketiga, semangat entrepreneurship di Indonesia yang besar sekali,” ujar Willson.

Selain itu, Willson mengatakan Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar. Keadaan tersebut tidak menutup kemungkinan mayoritas penyelesaian permasalahan di Indonesia bisa memanfaatkan teknologi digital.

Untuk itu, Willson mengharapkan ada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) seperti melalui pelatihan. Sehingga potensi yang ada bisa dimaksimalkan penggarapannya khususnya oleh orang lokal.

“Jadi sebenarnya kita itu berada di tempat yang benar dan waktu yang benar, tinggal bagaimana kita merespons terhadap situasi saja menggunakan teknologi digital,” tutur Willson.

sumber: kumparan.com