JAKARTA, HETANEWS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi capres favorit anak muda dalam hasil survei Lembaga Indikator Politik Indonesia. Meski demikian, PKS mengatakan tetap menyiapkan kader sendiri untuk maju di Pilpres 2024.

"Mas Anies tetap punya tempat spesial di PKS. Walau PKS tetap akan menyiapkan kader untuk maju di Pilpres 2024," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada wartawan, Selasa (23/3/2021).

Menurut Mardani, ketiga nama teratas dalam survei capres yang dirilis Indikator memiliki keistimewaan masing-masing. Anies, katanya, merupakan sosok Gubernur DKI dengan banyak inovasi.

"Ketiganya punya keistimewaan. Mas Anies tentu favorit. Gubernur DKI dengan banyak inovasi. Mantan Menteri Pendidikan dengan portofolio pengelolaan 20 persen APBN," ujarnya.

Selain itu, Mardani berbicara tentang sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dia menilai Ganjar dekat dengan masyarakat.

"Mas Ganjar Jawa dan dekat dengan masyarakat. Mantan anggota DPR yang paham cara komunikasi dengan elite seluruh stakeholder," ucapnya.

Mardani juga bicara soal sosok Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK). Dia menyebut RK merupakan pemimpin daerah dengan penduduk terbanyak.

"Ridwan Kamil memimpin provinsi terbanyak penduduknya di Indonesia, hampir 50 juta orang. Kompetisi ketiganya akan menarik," ucapnya.

Sebelumnya, Indikator Politik Indonesia merilis temuan survei nasional suara anak muda terkait isu-isu sosial, politik dan bangsa, salah satunya terkait pilihan presiden jika pemilu dilakukan saat ini. Hasilnya, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali bersaing.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan pertanyaan yang diajukan adalah jika pemilihan presiden dilakukan saat ini. Hasilnya, 15,2 persen anak muda memilih Anies Baswedan menjadi presiden.

Hasilnya sebagai berikut:

- Anies Baswedan 15,2 persen
- Ganjar Pranowo 13,7 persen
- Ridwan kamil 10,2 persen
- Sandiaga uno 9,8
- Prabowo Subianto 9,5 persen
- Agus Harimurti Yudhoyono 4,1 persen
- Erick Thohir 1,5 persen
- Tito Karnavian 1,2 persen
- Puan Maharani 1,1 persen
- Gatot Nurmantyo 0,8 persen
- Khofifah Indar Parawansa 0,7 persen
- Ma'ruf Amin 0,4 persen
- Budi Gunawan 0.4 persen
- Bambang Soesatyo 0,4 persen
- Airlangga Hartanto 0,2 persen
- Mahfud Md 0,2 persen
- Muhaimin Iskandar 0,0 persen 

sumber: detik.com