SIANTAR, HETANEWS.com - Polres Siantar mengungkap 42 kasus narkotika yang melibatkan 65 orang tersangka dalam tempo 3 bulan. 

Kapolres Siantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar mengatakan para tersangka diamankan dari lokasi berbeda. Dari 65 orang tersangka, 4 diantaranya berstatus pelajar. 

“Dalam kurun waktu tiga bulan, ada sebanyak 42 kasus yang diungkap dengan 65 tersangka. Semuanya tersangka laki-laki," kata Boy saat konferensi Pers di Polres Siantar, Jumat (19/3/2021).

Ia menjelaskan para tersangka berstatus pengedar. Para tersangka dijerat Pasal 114 Ayat 2 Subsider Pasal 112 Ayat 2 UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika. Para tersangka terancam penjara 5 tahun dan paling lama 20 tahun.

"Kalau dari barang bukti yang kita dapat ada tiga jenis. Narkotika jenis Ganja dengan seberat 300 Gram. Kemudian ada narkotika jenis Sabu sabu seberat 127,82 Gram dan narkotika  Pil Ekstasi sebanyak 52 butir. Adapun 33 tersangka sebagai wiraswasta, 21 pengganguran, 7 sebagai buru dan 4 pelajar," jelasnya.

Narkotika jenis sabu dan ganja yang paling banyak dimiliki oleh tersangka inisial SB (33) warga Jalan Dalil Tani Ujung, Kelurahan Tomuan, Kecamatan Siantar Timur. Polisi mengamankan tersangka dari Jalan Bahkora, Kecamatan Siantar Marihat, Kota Siantar.

"Dari barang bukti tersangka, ada yang dari jaringan Lapas Siantar. Kita pun masih mendalami dari informasi yang kita kembangkan. Juga sudah kerjasama dengan pihak Lapas, bahkan mau membantu kami," ucap Kapolres.

Sementara untuk 4 tersangka yang masih berstatuskan pelajar akan diganjar hukuman sama dengan tersangka yang lain.

"Sesuai dengan undang-undang itu sama. Tapi nanti kita lihat lagi dari umur, dan yang pastinya pengadilan lah yang menentukan," ucap Boy.

Baca juga: AKP David: Berjoget Di THM, Direkam, Lakukan Penyelidikan Tangkap Pria Terlibat Ekstasi