SIANTAR, HETANEWS.com - Seperti imunisasi pada umumnya, vaksin Covid-19 juga menimbulkan efek samping tertentu. Namun, anda tak perlu khawatir karena sejauh ini efek samping vaksin Covid-19 bersifat ringan. 

Cara penanganan efek samping Covid-19 juga mudah dilakukan. Satgas Covid-19 mencatat hingga Maret 2021, vaksin Covid-19 gelombang pertama yang diberikan untuk tenaga kesehatan sudah mencapai 2.888.757 orang. Sedangkan vaksin Covid-19 gelombang kedua untuk petugas publik dan lansia sudah mencapai 1.133.787 orang.

Hingga sejauh ini belum ada efek samping berbahaya pasca vaksin Covid-19. Efek samping yang ada hanya bersifat ringan dan menjadi tanda bahwa vaksin Covid-19 sedang bekerja untuk membentuk antibodi dalam tubuh.

Salah satu efek samping yang sering dialami setelah mendapatkan vaksin Covid-19 adalah demam dan nyeri badan. Kabar baiknya, Anda bisa mengonsumsi makanan tertentu untuk meringankan efek samping tersebut.

Menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), vaksin Covid-19 bisa menyebabkan beberapa efek samping. Efek samping ini terjadi karena adanya peradangan di dalam tubuh.

Tubuh bereaksi terhadap lonjakan protein dan bekerja untuk melawan infeksi. Demam, nyeri lengan, nyeri tubuh adalah beberapa gejala umum saat sistem kekebalan sedang bereaksi melawan penyebab infeksi.

Oleh karena itu, kita disarankan untuk mengonsumsi makanan penambah kekebalan untuk mempercepat pemulihan pasca Covid-19. 

CDC juga merekomendasikan kita untuk mengonsumsi makanan yang mengandung air tinggi setelah mendapatkan vaksin Covid-19. Sebab, asupan cairan sangat penting untuk meringankan efek samping setelah vaksin Covid-19.

Anda juga bisa mengonsumsi makanan anti-inflamasi yang dapat menghidrasi tubuh setelah mendapatkan vaksin Covid-19. Jika Anda merasa tidak enak badan setelah mendapatkan vaksin Covid-19, sup kaldu seperti mie ayam atau sup kaldu tulang sangat bagus untuk Anda.

Anda juga bisa mengonsumsi makanan berkuah yang mengandug sayuran seperti kangkung, kacang-kacangan, lentil, kentang, dan brokoli. Jenis sayuran tersebut juga mengandung banyak nutrisi yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi sup ayam. Penelitian dalam jurnal Chest juga membuktikan sup ayam mengandung antiinflamasi ringan. Komponen yang ada di dalam sup ayam termasuk ayam, wortel, seledri, peterseli, garam, dan merica juga membantu melawan peradangan.

Anda juga bisa mengonsumsi sup kaldu tulang. Sup kaldu tulang mengandung asam amino glisin dan arginin, yang memiliki efek antiinflamasi yang kuat.

Itulah daftar makanan yang baik dikonsumsi pasca vaksin Covid-19. Tak perlu khawatir dengan efek samping vaksin Covid-19, karena manfaatnya lebih besar.

Ingat, pandemi Covid-19 belum berakhir. Setelah vaksin Covid-19, tetap patuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. (Ay)