TOBA, HETANEWS.com - Bus pariwisata membawa puluhan penumpang mengalami kecelakaan tunggal di jalinsum Desa Tangga Batu Timur, Kecamatan Tampahan, Sabtu (13/3/2021) malam sekitar pukul 22.10 WIB.

Kanit Reskrim Polsek Balige, Ipda Jefriadi Silaban mengatakan bus pariwisata tersebut mengalami kecelakaan tunggal diduga akibat jalanan licin karena hujan deras ditambah kondisi jalan menurun dan menikung. 

Bus pariwisata H 1617 BY datang dari arah Sibolga menuju Parapat, Kabupaten Simalungun. 

“Saat tiba di Jalinsum Desa Tangga Batu Timur, Bus Pariwisata tersebut mengalami slip di sebelah kiri badan jalan kemudian menabrak tiang listrik," kata Jefriadi.

Beruntung tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut. Bus dan penumpang berjumlah 40 orang berhasil dievakuasi. 

Proses evakuasi dilakukan kepolisian bersama masyarakat dibantu satu unit kendaraan derek untuk menarik bus.

“Di lokasi kejadian ini kondisinya tikungan dan menurun dan licin akibat hujan. Diduga Bus kehilangan kendali dan tergelincir hingga sebagian badan bus masuk jurang di sebelah kiri badan jalan, kemudian menabrak tiang listrik,” jelasnya.

Sopir Bus, Surya Dharma (25) mengatakan pandangannya tiba tiba gelap saat menyetir. Lalu bus yang ia kemudikan masuk ke jurang.

Keterangan saksi yang berada dilokasi saat itu menyebut Bus melaju dengan kencang saat di tikungan hingga bus masuk ke jurang. 

Jefriadi mengimbau pengendara agar selalu waspada saat melintas jalur ini karena kondisi jalan yang banyak turunan dan tikungan tajam. “Jalur ini terbilang rawan katanya," kata Jefriadi.

Penulis: Kontributor Toba, Feri

Baca juga: Festival Mardoton Tumbuhkan Semangat Budaya Kearifan Lokal di Danau Toba