Siantar, hetanews.com - Liburan merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk melepas penat akibat rutinitas dan pekerjaan yang membosankan. Kita tidak perlu jauh-jauh keluar negeri atau ke pusat perbelanjaan mahal, di Kota Siantar sendiri punya banyak lokasi yang menunggu untuk di kunjungi.

Beberapa diantaranya adalah:

1. Taman Hewan Siantar

Taman Hewan Siantar merupakan taman hewan paling lengkap yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Taman hewan ini sudah ada sejak tahun 1936 di masa jaman penjajahan Belanda.

Taman Hewan Siantar memiliki luas sekitar 4,5 hektar. Di lahan seluas itu, Anda dapat melihat ratusan spesies hewan yang sangat beragam. Dari mulai spesies mamalia, spesies reptil, sampai dengan spesies unggas, semuanya bisa Anda temui di tempat ini.

Fasilitas wisata di Taman Hewan Pematang Siantar tergolong benar – benar sangat lengkap. Dari mulai fasilitas lahan parkir yang luas, sampai dengan fasilitas tempat makan, semuanya bisa ditemui dengan mudah di tempat ini.

Kalau anda tertarik, silahkan kunjungi Taman Hewan Siantar, lokasi tempat ini berada di Jl. Gunung Simanuk – Manuk, No. 2, Teladan, Siantar Barat, Kota Siantar. Untuk masuk ke lokasi diwajibkan membayar 30ribu rupiah per orang.

2. Pemandian Pulau Batu (Pulbat)

Pemandian Pulau Batu

Tempat wisata selanjutnya adalah pemandian Pulau Batu atau orang Siantar sebut Kolam Pulbat yang berada kawasan Jalan Sibatu - Batu, Bah Sorma, siantar Sitalasari, Kota Siantar.

Bila anda datang ke lokasi ini, anda akan dimanjakan pemandangan alam nan hijau dan air yang ada di tempat ini sangat segar dan jernih memang sangat menggoda untuk kita langsung berendam.

3. Museum Simalungun

Lokasi wisata berikutnya  adalah Museum Simalungun. Museum ini terletak jantung Kota Siantar di Jl. Sudirman No. 20, Kota Siantar.

Museum Simalungun menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. kamu bukan hanya akan mendapatkan liburan yang menyenangkan, namun ada banyak pelajaran yang bisa diambil.

Museum Simalungun

Wisata edukasi yang satu ini cocok sekali untuk anak dan para remaja yang sedang membutuhkan banyak pelajaran dan pengetahuan. Bangunan museum juga sangat menarik, karena dibuat serupa dengan rumah adat yang ada di Sumatera Utara.

Didirikan pertama kali pada Tahun 1939, Museum Simalungun menyimpan banyak peninggalan sejarah yang berhubungan dengan kebudayaan Simalungun. Di tempat ini Anda dapat melihat berbagai macam koleksi entografi dan arkeologi yang mayoritasnya berasal dari peninggalan Kerajaan Simalungun.

Salah satu bagian paling menarik yang ada di museum ini adalah rumah adat Simalungun. Bangunan rumah adat ini terlihat agak sedikit mirip dengan bangunan rumah adat milik masyarakat Karo. Hanya saja, detail bangunannya cenderung agak sedikit lebih rumit.