MEDAN, HETANEWS.com - Polda Sumatra Utara (Sumut) menyatakan tidak mencampuri urusan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang berlangsung di Hotel The Hills, Desa Sukamakmur, Sibolangit, Deliserdang, Jumat (5/3/2021). Kehadiran petugas di areal KLB untuk memastikan suasana kamtibmas tetap aman. 

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan kepolisian tidak memiliki kewenangan untuk mencampuri urusan internal partai polisik termasuk Partai Demokrat. Menurut Hadi, polisi tetap bertugas sesuai dengan tupoksi yang ada yakni menjaga kamtibmas tetap kondusif. 

"Kami jaga adalah situasi kamtibmas agar tetap kondusif, tentu dengan melakukan langkah-langkah Polri yang presisi agar tidak terjadi konflik yang dapat mengganggu keamanan dan Polri bertanggungjawab akan hal itu," kata Kabid Humas Pol Hadi Wahyudi, Jumat (5/3/2021).

Baca juga: Kronologi Bentrokan Pendukung dan Penolak KLB Demokrat

Untuk memastikan suasan di lokasi berlangsung kondusif, personel gabungan dari Polda Sumut dan Polrestabes Medan sudah diturunkan ke lokasi untuk menghindari bentrok. 

"Kami bekerja secara profesional dan proporsional yang sejalan dengan tuntutan hukum, demokratisasi, keadilan dan kebenaran, serta hak asasi manusia," ungkapnya.

Hadi menegaskan, situasi KLB Partai Demokrat di Sibolangit berjalan aman dan kondusif. Personel pun masih tetap siaga di lokasi kongres mengantisipasi gangguan kamtibmas.

Baca juga: Partai Demokrat Tak Akui Moeldoko Sebagai Ketum: KLB Ilegal!

"Kondisi aman dan kondusif, tidak ada berbuat anarkis apalagi memancing keributan di Sumut. Jika ada yang keberatan kegiatan ini silahkan tempuh jalur hukum," ujarnya. 

Sebelumnya, kericuhan mewarnai  Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Hotel The Hill, Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatra Utara. Kubu AHY bentrok dengan massa pendukung gelaran KLB di sekitar lokasi.

Pantauan iNews, lokasi bentrokan terjadi di Jalan Jamin Ginting, tepatnya di dekat SPBU setempat. Satu orang terluka diketahui bernama Armanta Sembiring warga Desa Sukamakmur.

Baca juga: Tok! Moeldoko Ketum Demokrat, Marzuki Ali Ketua Dewan Pembina

Sumber: inews.id