MEDAN, HETANEWS.com - BRI menyalurkan bantuan sembilan bahan pokok dan masker senilai Rp50 juta untuk masyarakat di sekitar kawasan Gunung Sinabung Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara yang kembali erupsi.

"Bantuan diberikan untuk masyarakat di empat desa yakni Tiganderket, Tiga Binanga, Kuta Gugung dan Simpang Empat," ujar Pimpinan Cabang BRI Kabanjahe Hendra Affandi Rambe di Karo, Jumat.

Menurut dia, bantuan dari dana CSR BRI itu merupakan wujud kepedulian BRI terhadap masyarakat dan lingkungan.Bantuan ke empat desa di Karo itu terkait dengan kembali erupsinya Gunung Sinabung. Diharapkan bantuan itu meringankan beban warga yang terdampak erupsi Sinabung itu.

Khususnya masker yang dinilai penting untuk menekan dampak negatif dari abu erupsi Sinabung dan sekaligus mencegah penularan COVID-19 yang masih berlangsung. Kepala Desa Tiganderket, Arie Anti Kemi Sembiring, mengapresiasi dan berterimakasih banyak atas bantuan BRI.

"Bantuan itu tentunya sangat bermanfaat bagi warga," katanya.

Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG), Nia Haerani sebelumnya menyebutkan, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, pada 2 Maret menyemburkan 13 awan panas guguran. Tinggi kolom abu mencapai 5.000 meter.

Baca juga: Gunung Sinabung Muntahkan Guguran Awan Panas

Sumber: antaranews.com