SIANTAR, HETANEWS.com - Pdt. Dr. (H.C.) Willem Tumpal Pandapotan Simarmata, MA adalah Anggota DPD RI (2019-2024) dari Provinsi Sumatera Utara dengan perolehan suara tertinggi yaitu 803.638.

Ia dilahirkan dari seorang ayah yang berprofesi sebagai guru dan ibu yang bertani bawang.

Sebelumnya telah banyak jabatan yang dipercayakan kepadanya setelah dia resmi berstatus pendeta. Sampai pada puncaknya dipercaya memimpin gereja terbesar di Asia Tenggara, yakni Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) sebagai Ephorus.

Lulusan STT HKBP Siantar tahun 1980 ini telah menyelami dunia pelayanan selama kurang lebih 39 tahun dan bertugas di berbagai daerah Indonesia termasuk labuhan batu dan batam.

Di dunia internasional,  terdapat dua lembaga gereja dipimpinnya yaitu Christian Conference of Asia yang berbasis di Chiangmai (Thailand) dengan jumlah anggota sebanyak 122 gereja dan satu lainnya beranggotakan 38 gereja dari Asia, Eropa dan Afrika.

Selain dalam bidang keagamaan, Wilem Simarmata juga terjun ke dunia politik. Ia menjabat anggota Majelis Permusyawaratan dari utusan daerah pada masa orde baru.

Bagi pria yang sering dipanggil WTP Simarmata ini, bahwa agama tidak hanya berbicara soal hubungan antara Allah dan manusia, tetapi juga soal hubungan antara manusia, bahkan dengan seluruh ciptaan Allah. Karenanya, agama pun menjadi panduan bagi umat manusia bagaimana ber-Tuhan dan bermasyarakat.