SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Leonardo Nadapdap als Leo (22) dan Riski Manuari Sirait (21) ditangkap polisi saat menghisap rokok bercampur daun ganja. Dari kantong Leo, polisi menyita 2 paket ganja.

Diakui Leo, jika ganja dibeli dari terdakwa Rudianto Sidabutar (42). Ketiganya disidangkan secara online di Pengadilan Negeri Simalungun, Selasa (2/3/2021). 

Ke-3 terdakwa warga yang sama di Nagori Nauli Baru Kecamatan Panei Tongah dijerat jaksa Melnita Nasution SH, melanggar pasal 111 ayat (1) UURI No 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Para terdakwa ditangkap anggota Satnarkoba Polres Simalungun yakni Aswin Manurung, Arikson Sibarani, Donal Tobing dan Leonard Silalahi pada Jumat 16 Oktober 2020 pukul 10.00 Wib dari dalam kedai tuak di pinggir jalan besar Siantar-Sidamanik. Penangkapan berdasarkan informasi dari masyarakat jika di dalam warung tuak tersebut ada orang yang menyalahgunakan gunakan ganja.

Awalnya polisi menangkap Leo dan Riski yang sedang menghisap rokok bercampur ganja. Dari saku celana Leo polisi menemukan 2 paket ganja yang diakui baru saja dibeli dari Rudianto Sidabutar yang duduk tidak jauh dari posisi kedua terdakwa.

Polisi juga menemukan dua bungkus kecil ganja dari terdakwa Rudianto. Didampingi pengacara prodeo Frans Silalahi, para terdakwa menyatakan tidak keberatan atas dakwaan jaksa tersebut.

Untuk mendengarkan keterangan saksi-saksi, majelis hakim pimpinan Dr.Nurnaningsih menunda persidangan hingga sepekan.