MEDAN, HETANEWS.com - Dua orang yang telah disuntik vaksin Corona atau COVID-19 di Sumatera Utara (Sumut) dinyatakan positif Corona. Pemprov Sumut sedang menelusuri apakah keduanya terinfeksi Corona setelah disuntik vaksin atau sebelumnya.

"Dua orang saat ini dari 148 ribu kemarin, ada dua orang yang terkena (Corona) maksudnya dirawat. Padahal orang itu sudah divaksin, sekarang sedang dipelajari apakah dia terkena virus itu sebelum divaksin atau sesudah divaksin ini yang tidak bisa kita dapatkan," kata Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi di RS Adam Malik Medan, Senin (1/3/2021).

Edy mengatakan semua pihak masih harus mematuhi protokol kesehatan meski vaksinasi Corona telah dimulai. Dia mengingatkan penyuntikan vaksin tak serta merta menuntaskan pandemi Corona.

"Tapi pastinya dari 148 ribu (yang divaksinasi) salah satu saya, itu ada dua orang yang masih terpapar tapi kan kecil sekali persentasenya. Tidak ada kekebalan tubuh itu terus menyelesaikan persoalan virus, itu Tuhan yang tahu, walaupun sudah divaksin, tetap protokol kesehatan ini mutlak. Kegiatan pemaksinan, kekebalan tubuh setelah dia terpapar itu sifatnya hanya sementara untuk memutus sementara," ujar Edy.

Kadis Kesehatan (Dinkes) Sumut, Alwi Mujahit, juga membenarkan soal ada dua orang yang positif Corona meski telah disuntik vaksin Corona. Keduanya disebut baru menerima suntikan vaksin tahap pertama. "Iya. Belum dua kali. Iya (baru satu kali vaksinasi)," kata Alwi.

Alwi tidak menyebut identitas pihak yang positif Corona meski telah divaksin. Alwi mengatakan keduanya sudah sembuh. "Sudah sembuh. Sudah sembuh," sebut Alwi.

sumber: detik.com