DELI SERDANG, HETANEWS.com - Sebuah foto yang menunjukkan personel kepolisian mengacungkan pistol di sekitar para buruh yang sedang berdemonstrasi di Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), viral di media sosial. Oknum polisi itu akan diberi sanksi.

Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Sumut, Willy Agus Utomo, mengatakan peristiwa itu terjadi pada Jumat (26/2) yang lalu. Saat itu, buruh menggelar unjuk rasa di depan sebuah perusahaan karena diberhentikan secara sepihak.

"Bahwa karena tidak diberikannya solusi atas PHK sepihak itu, pada tanggal 26 Februari 2021 pagi, buruh anggota PUK SPAI FSPMI PT RFA melanjutkan aksi demo di depan perusahaan," kata Willy saat dikonfirmasi, Minggu (28/2/2021).

Saat menggelar unjuk rasa, massa kemudian didatangi oleh oknum kepolisian untuk meminta para massa kembali bekerja. Namun permintaan itu ditolak dan oknum itu meninggalkan massa.

"Tidak berapa lama setelah dia sempat pergi, oknum polisi berpangkat Iptu berinisial M itu kembali datang, dia marah-marah dan mengacungkan senjata," tutur Willy.

Polisi acungkan pistol di Sumut viral.
Foto: Tangkapan layar

Menanggapi hal itu, Wakapolres Pelabuhan Belawan Kompol Herwansyah mengatakan pihaknya sudah mengamankan Iptu M yang bertugas di Polsek Hamparan Perak. Polres Belawan akan memeriksa Iptu M karena perbuatannya itu.

"Iptu M yang mengacungkan senjata kepada karyawan pekerja PUK FSPMI PT Fajar Andalan telah kami jemput dari Polsek Hamparan Perak bersama Kabag Ops, kami akan memproses daripada anggota kami yang melakukan hal yang tidak sesuai dengan prosedur yang ada," ucap Herwansyah.

Sementara Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan pihaknya akan mengawal Polres Belawan untuk memberi sanksi kepada Iptu M.

"Polda akan memonitor tindakan tegas yg sudah diambil oleh Polres Belawan," tutur Hadi.

Sumber: detik.com