SIANTAR, HETANEWS.com - Sosok petinju asal Siantar yang pernah berkiprah di tingkat Nasional dan internasional Syamsul Anwar Harahap, lahir di Pematangsiantar, 1 Agustus 1952.

Di kutip dari Wikipedia, Syamsul Anwar tumbuh sebagai pemuda yang mengalami cacat di lengan kanan akibat serangan penyakit polio namun tidak mengurungkan niat untuk tetap berkiprah. Jiwa Syamsul berontak setelah ibunya menceritakan kisah pelari AS Wilma Rudolph yang merebut medali emas lari maraton Olimpiade 1960. Sama seperti dirinya, Rudolph memiliki cacat di kakinya akibat serangan virus polio.

Atas bimbingan pamannya, Syamsul mulai berlatih tinju. Pada tanggal 31 Oktober 1969 awal kariernya saat bertanding melawan Khaeruddin di kelas terbang.

Syamsul Anwar yang lebih dikenal sebagai mantan petinju dan analis dan komentator tinju di sejumlah media, akhirnya ikut berkiprah sebagai promotor dalam pertandingan perebutan gelar kejuaraan dunia versi WBA antara Chris John vs Renan Acosta dari Panama di Jakarta, 9 September, 2006. 

Saat itu stasiun TV Indosiar yang mendapatkan hak tayang pertandingan, menunjuk Syamsul Anwar sebagai promotor.

Jejak karir Syamsul Anwar sebagai petinju proposal yaitu 139 kali pertandingan, 123 menang, 16 kalah, tanpa pernah kalah KO.

Syamsul pernah mendapatkan medali Emas Pesta Sukan Singapura 1971 Kelas Ringan dan 1975 Kelas Welter-ringan. Medali Emas, Pakistan Open, Karachi (1976). Juara III Asia Kelas welter-ringan di Yokohama, Jepang (1975). Medali emas Piala Presiden (1976) - mengalahkan Thomas Hearns dari AS di final dengan angka.

Syamsul pernah menerima penghargaan sebagai Olahragawan Terbaik Indonesia tahun 1978. Juara Asia tahun 1977, kelas welter-ringan

Juara I Kelas Welter-ringan Sea Games 1977 Kuala Lumpur. Juara III Kelas Welter-ringan, Marcos Cup di Manila

Juara III Kelas Welter-ringa, French Open 1979 di Deauvil, Rouen, Honfleur

16 besar kelas welter-ringan Olympiade Montreal 1976.

16 besar kelas welter-ringan Kejuaraan Dunia Tinju Amatir Dunia 1978 di Beograd, Yugoslavia dan Juara Tinju Amatir Nasional Welter-ringan dari tahun 1972 s/d tahun 1981.