MEDAN, HETANEWS.com - Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi mengatakan guru masuk kelompok prioritas penerima vaksin COVID-19 tahap kedua. Vaksinasi ini rencananya dilaksanakan pada Maret 2021.

"Guru-guru nanti kita sisir, nanti sudah waktunya melakukan pelajaran tatap muka, anak-anak kita bisa aman," kata Edy di rumah dinasnya Jalan Sudirman Nomor 41, Medan, Kamis (25/2/2021).

Edy mengatakan vaksinasi tahap kedua akan diprioritaskan kepada daerah Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Langkat. Hal ini dilakukan karena di daerah ini tingkat pasien positif COVID-19 yang paling tinggi.

"Prioritas kepada kota Medan, Binjai, Deli Serdang dan Langkat dari hasil jumlah terpapar yang tinggi. Itu yang jadi prioritas," tuturnya.

Meski akan dilakukan vaksinasi terhadap guru, Edy mengatakan pembelajaran tatap muka di Sumut belum tentu bisa dilaksanakan pada bulan Juli mendatang. Edy mengatakan pemerintah pusat akan menerima masukan darinya soal sekolah tatap muka itu.

"Tergantung kondisi daerah ini, sekolah ini kan bukan darimana-darimana, pak menteri kan ngomongnya dari Jakarta. Pak menteri juga akan menerima masukan dari Gubernur apakah Sumatera Utara ini siap," ucap Edy.

Edy mengatakan pihaknya masih akan melakukan rapat membahas sekolah tatap muka dengan ahli anak pada Maret yang akan datang. Edy mengatakan hasil rapat itu yang akan menentukan bisa tidaknya sekolah tatap muka dilakukan.

"Yang menentukan pendidikan tatap muka itu ahli anak, dokter anak, dokter psikologi anak. Jumpa lagi nanti di bulan Maret, kita evaluasi nanti. Selama orang ini belum bilang iya, berarti belum bisa dilakukan," jelasnya.

sumber: detik.com