SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Lapas Klas IIA Pematangsiantar menjalin kerjasama dan melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketapang Kabupaten Simalungun pada Kamis (25/2/2021).

Acara diklat tersebut dihadiri Kadis Pertanian Ir.Ruslan Sitepu, Kadis Ketahanan Pangan, perikanan dan peternakan diwakili Ka.UPT Balai Benih ikan Rambung Merah Humala Manik SPi.

Selain menciptakan WBP yang mandiri dan memiliki keahlian, diklat ini juga diharapkan menjadi bisa melahirkan warga binaan yang produktif.

Kalapas, Rudi F Sianturi,  menyampaikan kepada seluruh peserta diklat agar fokus dan serius mengikuti acara hingga akhir. Sehingga mampu di aplikasikan di luar ketika bebas nanti, dan diharapkan mampu diterima di tengah masyarakat.

"Untuk pengaplikasiannya,  Lapas klas IIA Pematang Siantar telah mempersiapkan 2 buah kolam di lapas untuk menerapkan apa yang telah diajari oleh instruktur nantinya. Nanti kita akan mencoba untuk membudidayakan ikan gurame merah dan nila di kolam tersebut," kata Sianturi.

Secara terpisah, Kasi Giatja Lapas Klas IIA Siantar Hasudungan Hutauruk.SH berharap kegiatan tersebut mampu menciptakan pengetahuan baru dalam hal pembudidayaan ikan dan lapas klas IIa Pematang Siantar mampu menjadi lapas yang produktif.