MEDAN, HETANEWS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan kagum dan bangga pada anak-anak muda Batak yang peduli pada warisan budaya. Salah satunya pengrajin ulos dari Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Renny Katrina Manurung. 

Kekaguman itu disampaikan Luhut pada acara peluncuran Beli Kreatif Danau Toba (BKDT) di Kabupaten Dairi, Sabtu (20/2/2021). Luhut yang hadir secara virtual memuji Reni yang mampu memperkenalkan ulos, kain tenun khas masyarakat Batak, ke mancanegara.

Reni merupakan pemilik Dame Ulos yang memproduksi Ulos dan Mandar Tarutung. Ia bahkan sudah tidak asing dengan produk Dame Ulos.

"Namanya (Dame Ulos) sudah saya dengar," kata Luhut.  

Luhut yang juga putra Batak bahkan menyarankan Renny untuk berkolaborasi dengan anak bungsunya Kerri Panjaitan dalam mengembangkan Ulos.

Ia juga mengingatkan agar pewarna untuk membuat Ulos harus menggunakan bahan alami agar tidak mencemari lingkungan.Bahkan ia berjanji akan menanam sejumlah jenis pohon yang dapat menjadi pewarna alami, di kawasan Danau Toba.

"Nanti tanam-tanamannya dibuat di Toba untuk pewarna-pewarna alami itu. Kita siap bantu," tegasnya.

Renny Manurung menjadi salah satu perwakilan UKM yang berkesempatan berdialog dengan Menko Luhut pada acara BKDT tersebut. Sebab Ulos produksinya sudah diekspor ke sejumlah negara di Eropa. 

BKDT merupakan turunan dari gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), suatu gerakan yang dilaunching Presiden Joko Widodo pada 2020 lalu untuk membantu pengusaha kecil bangkit di masa pandemi.

Sebelumnya saat meresmikan peluncuran BKDT secara virtual, Presiden Jokowi  mengatakan bahwa BBI fokus pada potensi ekonomi kreatif di destinasi super prioritas, salah satunya kawasan Danau Toba. 

Selain produk khas, menurut Jokowi pemandangan alam Danau Toba yang luar biasa dapat menambah daya tarik wisatawan untuk membeli produk-produk khas di kawasan Danau Toba, sehingga dapat membangkitkan ekonomi Indonesia khususnya di Sumatera Utara di nasa pandemi sekarang ini. 

Gerakan nasional BBI bertujuan membantu para pelaku UMKM agar dapat terus bertahan di masa pandemi Covid19, yakni dengan membantu mereka berjualan melalui platform online mengingat UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian.

Sumber: rri.co.id