LANGKAT, HETANEWS.com - Pencari ikan bernama Ari Firdaus (30) dilaporkan hilang di aliran sungai sekitar Bendungan Sei Wampu di Dusun V Desa Pantai Gemi, Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), sejak Minggu (21/2/2021). Korban diduga jatuh ke bendungan tersebut.

"Korban dinyatakan hilang setelah terjatuh ke aliran sungai saat menjaring ikan di aliran sungai tersebut," kata Humas Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kota Medan, Sariman Sitorus, Senin (22/2/2021).

Sariman menyebutkan, kejadian bermula saat korban hendak mengambil ikan menggunakan jaring yang timbul ke permukaan setelah pintu air bendungan Sungai Wampu dibuka. Nahas, korban yang sejak awal berdiri di sisi tebing sungai terpeleset jatuh ke sungai dan seketika hanyut terbawa arus sungai. 

"Warga yang mengetahui kejadian tersebut langsung bergegas melakukan pencarian dan melaporkan ke pihak BPBD setempat. Namun, korban belum ditemukan hingga dilaporkan ke Kantor Basarnas Medan," katanya. 

Sariman mengatakan, pihaknya telah menurunkan tim untuk melakukan pencarian. Pencarian juga melibatkan personel personel Polri, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan masyarakat. Namun hingga saat ini, korban belum ditemukan.

"Dengan memulai bermanuver menggunakan perahu LCR dengan teknik circle di lokasi awal korban terjatuh, tim Rescuer Basarnas Medan mencoba membuat ombak buatan dengan harapan jika korban tersangkut di bawah, maka bisa segera terlepas," katanya. 

Selain itu, tim Basarnas Medan juga melakukan penyisiran menuju hilir sungai dengan berfokus pada tumpukan-tumpukan sampah maupun pepohonan yang tumbang. Saat ini, upaya pencarian korban masih terus dilakukan.

Sumber: inews.id