SIANTAR, HETANEWS.com - Dosen yang juga sebagai rektor di Universitas Simalungun (USI) dr Corry Purba meminta kepada walikota terpilih harus membuat program skala prioritas yaitu peningkatan SDM masyarakat kota Pematangsiantar terlebih dahulu.

"Kita meminta kepada walikota terpilih agar menentukan dari mana dia memulai start apakah dari segi peningkatan SDM ataupun infrastruktur," ujarnya kepada hetanews melalui telepon seluler Senin, (22/2/2021).

Beliau juga menyampaikan jika USI siap kapan pun di panggil bila nantinya dibutuhkan untuk membangun pendidikan di kota Siantar.

"Kita dari Universitas Simalungun siap kapan pun bila nantinya walikota terpilih membutuhkan bantuan untuk membangun pendidikan yang ada di kota Pematangsiantar. Karena memang sudah tugas kita membangun kota ini terutama dalam bidang pendidikan," ujarnya.

Corry menjelaskan masih banyak yang harus di benahi di kota Pematangsiantar dari sektor pendidikan. Dilihat dari pelayanan untuk para siswa, guru maupun dari fasilitas dan prasarana pendidikan itu sendiri.

"Satu hal lagi yang paling utama janganlah banyak-banyak pungutan kepada para guru-guru agar guru-nya bisa tenang kerja untuk mendidik siswa," ujarnya.

Rektor USI itu juga meminta kepada walikota terpilih agar nantinya memberikan reward dan punishment kepada anak-anak yang berprestasi dan juga kepada guru-guru berprestasi.

"Kita lihat juga selama ini kan kurangnya penghargaan kepada guru. Seharusnya ada pertemuan-pertemuan antara guru dan pemko melalui dinas pendidikan untuk mengambil solusi bagaimana meningkatkan mutu pendidikan di kota Pematangsiantar," ujarnya.

Untuk mencapai semua itu tetap harus transparansi baik dari dana maupun program. Satu hal lagi pemerintah harus memfasilitasi semuanya tanpa diskriminasi.

"Janganlah kita main gelap-gelap karena semua itu kan harus transparansi. Kita berharap besar kepada walikota terpilih agar kota yang kita sayangi ini semakin maju dan SDM masyarakat-nya semakin meningkat," tutupnya sembari tertawa.