SIANTAR, HETANEWS.com - Surya Paloh dikenal di kalangan masyarakat sebagai pengusaha yang sukses di bidang pertelevisian. Metro TV adalah karya jeniusnya. Beliau juga tercatat sebagai pemilik harian Media Indonesia dan Lampung Post yang tergabung dalam Media Grup.

Selain itu beliau juga dikenal sebagai sosok politikus handal. Mantan Ketua Dewan Penasihat Golkar ini mendirikan Nasional Demokrat (NasDem) bersama Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Surya Paloh didapuk menjadi Ketua Dewan Pembina Organisasi Masyarakat NasDem.

Perjalanan sukses sebagai pengusaha muda tidak diraih Surya Paloh secara instan, beliau sudah memulai bisnis sejak masih remaja. Awalnya Surya Paloh mengenal bisnis dengan berjualan ikan asin, the, karung goni saat masih tinggal Serbelawan Kabupaten Simalungun.

Ia membelinya dari dua orang tauke sahabat yang sekaligus gurunya dalam dunia usaha, lalu dijual ke beberapa kedai kecil atau ke perkebunan PT Perkebunan Nusantara.

Surya Paloh merupakan orang yang mandiri, sembari berdagang, dirinya bersekolah di SMA Negeri 7 Medan. Beliau juga bekerja sebagai Manajer Travel Biro Seulawah Air Service.

Saat masih di bangku kuliah, Surya sudah dipercaya mengelola Wisma Pariwisata, di Jalan Patimura, Padang Bulan, Medan oleh pemilik Baharuddin Datuk Bagindo, yang juga memiliki pabrik korek api PT BDB di Pematang Siantar.

Sejak tahun 1973 bersama kakak iparnya, Jusuf Gading, Surya dipercaya sebagai Direktur Utama PT Ika Diesel Bros untuk menjalankan usaha distributor mobil Ford dan Volkswagen, di Medan.

Lalu, pada tahun 1975 ditunjuk pula menjadi kuasa usaha direksi Hotel Ika Darroy, terletak di Banda Aceh, merangkap sebagai Direktur Link Up Coy, Singapura, yang bergerak di bidang perdagangan umum.

Surya Paloh mendirikan Surat Kabar Harian Prioritas pada 2 Mei 1986. Koran yang dicetak berwarna ini, laku keras. Akrab dengan pembacanya yang begitu luas sampai ke daerah-daerah. Sayang, surat kabar harian itu tidak berumur panjang, keburu dicabut SIUPP-nya oleh pemerintah. Isinya dianggap kurang sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik Indonesia.

Dikenal karena aktif organisasi, Surya Paloh membuat organisasi massa yang sama-sama menentang kebijakan salah dari pemerintahan Orde Lama. Surya Paloh menjadi salah seorang pimpinan Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI).

Setelah KAPPI bubar, ia menjadi Koordinator Pemuda dan Pelajar pada Sekretariat Bersama Golkar. Beberapa tahun kemudian, Surya Paloh mendirikan Organisasi Putra-Putri ABRI (PP-ABRI), lalu ia menjadi Pimpinan PP-ABRI Sumatra Utara.Cikal bakal Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI)