SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Tim Inspektorat Kabupaten Simalungun kembali melakukan pemeriksaan atas laporan penyalahgunaan Dana Desa Nagori Sihemun Baru, Kecamatan Dolok Pardamean.

Dugaan korupsi penyalahgunaan anggaran dana desa pada TA anggar 2017-2019. Tim inspektor melakukan pemeriksaan lapangan pada Jumat 19 Februari 2021.

Pengendali Teknis Kegiatan Pemeriksaan,Loberlin Purba menjelaskan, hasil audit ditemukan ada penyimpangan di lapangan yang tidak sesuai dengan LPJ.

Temuan tersebut akan segera dibuat dalam Laporan Hasil Audit (LHA) untuk selanjutnya akan ditindaklanjuti sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Salah seorang warga Sihemun Baru, Maringan Simanihuruk  mengapresiasi kinerja dan kesigapan Inspektorat simalungun dalam merespon permasalahan yang ada di Nagori itu. 

Warga berharap agar pihak Inspektorat bekerja dengan profesional dan tidak memihak, guna dapat mengungkap dugaan penyimpangan yang terjadi sampai tuntas sehingga persoalan yang ada dapat diselesaikan dengan secepatnya.

Dengan bergulirnya proses penyelidikan dan audit investigasi oleh tim inspektorat simalungun dam Kejari Simalungun, warga berharap dalam waktu dekat kasus ini dapat titik terang.

 "Kami berharap dengan waktu yang tidak terlalu lama kasus ini dapat dinaikkan statusnya agar menjadi terang dan jelas," kata Maringan. 

Sebelumnya  warga Nagori Sihemunbaru telah melaporkan Pangulu ke Kejaksaan Negeri Simalungun pada Nopember 2020 terkait dugaan penyalahgunaan Dana Desa 

Diantaranya, proyek peningkatan jalan, pembukaan jalan baru dan pengerasan jalan yang dikerjakan dari Dana Desa TA 2017 s.d TA 2019 yg diduga dilakukan oleh oknum Pangulu Nagori Sihemunbaru.

Pada Januari 2021 tim intel  kejaksaan Negeri Simalungun  turun ke lokasi untuk menindaklanjuti laporan tersebut.

Selain memeriksa fisik, tim Intel Kejari juga memintai keterangan dari sejumlah warga. "Benar, sudah kita panggil untuk klarifikasi," kata

Kasi Intel Kejari Simalungun Ratno Timur Habeahan Pasaribu ditemui di kantornya.

Ratno juga membenarkan terkait pemanggilan beberapa orang warga dan perangkat Nagori Sihemun Baru untuk klarifikasi.

Baca juga: Kejari Simalungun Tanggapi Lapdu Warga Sihemun Baru Terkait Dana Desa