TOBA, HETANEWS.com - Kapolres Kabupaten Toba AKBP Akala Fikta Jaya turut memperingati HPN [Hari Pers Nasional] Ke-75 bersama wartawan di Mapolres Toba. 

Acara digelar Aula Harungguan Mardemak Polres Toba pada tanggal 18 Februari 2021, hanya diwakilkan oleh beberapa wartawan karena kondisi pandemi Covid 19.

Tujuannya untuk membatasi orang berkerumun sesuai anjuran pemerintah mencegah laju penyebaran Covid-19 di Kabupaten Toba.

Ironisnya, penerapan prokes dalam peringatan HPN menimbulkan isu tak sedap. Kapolres dituding mengusir sejumlah wartawan. 

Akala Fikta Jaya menyayangkan isu yang kadung merebak di tengah masyarakat itu. Ia berharap wartawan bekerja membuat informasi yang terang benderang. 

Isu tak sedap itu sampai mencuat lewat pemberitaan salah satu media. Informasi yang disebarluaskan dinilai  memprovokasi masyarakat agar membenci kinerja Polri.

Kapolres menegaskan informasi itu tidak benar. Pada acara HPN, kata Fikta Jaya, pihaknya hanya mengimbau wartawan untuk mengikuti Protokol Kesehatan.

"Berita tersebut tidak benar. Kami tidak mengusir wartawan pada saat pelaksanaan HPN. Kami hanya menghimbau agar yang masuk keruangan hanya perwakilan. Karena ruangannya terbatas sesuai Prokes Covid-19," tegas AKBP Akala melalui pesan kepada Hetanews.

Begitupun, dirinya tetap mengajak Pers untuk tetap memberikan informasi yang terang benderang, akurat, dapat dipertanggungjawabkan dan bukan hoaks.

Diakhir kesempatan ini, Fikta juga mengingatkan pentingnya mematuhi prokes pencegahan penularan Covid-19, untuk memutus penyebaran virus.

Penulis: Kontributor Toba, Feri.

Baca juga: 50 Orang Pekerja PLTA Asahan III Terpapar Covid-19