MEDAN, HETANEWS.com - DPRD Kota Medan menjadwalkan rapat paripurna pengusulan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan terpilih Bobby Nasution-Aulia Rachman pada Selasa (23/2/21).

"Rencananya Senin (22/2) pagi kita akan rapat pimpinan, dan siangnya kita lanjutkan rapat Badan Musyawarah (Banmus) untuk mengagendakan rapat paripurna," ujar Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Bahrumsyah, kepada, Jumat (19/2/2021).

Bahrumsyah menambahkan, rapat Banmus itu akan menjadwalkan rapat paripurna dengan agenda pengusulan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan terpilih, Bobby Nasution dan Aulia Rachman, yang dijadwalkan Selasa 23 Februari 2021.

Dengan rentang waktu hanya beberapa hari, Bahrumsyah mengaku yakin pelantikan Bobby Nasution-Aulia Rachman dapat dilangsungkan pada tanggal 26 Februari 2021.

Baca juga: Bobby Usai Ditetapkan Jadi Walkot Medan: Fokus Utama Kebersihan Kota

"Begitu selesai paripurna, kita langsung kirimkan surat usulan ke Mendagri melalui Gubernur. Saya yakin bisa pelantikan tanggal 26 Februari karena secara administrasi tentu telah disiapkan sebelumnya," kata Bahrumsyah.

Terkait lokasi pelantikan, Bahrumsyah mengatakan, kemungkinan akan dilakukan secara virtual di kantor Gubernur Sumatera Utara bersama dengan kepala daerah terpilih Pilkada serentak 2020 di Sumut.

"Tidak mungkin di Jakarta, karena ada 100 lebih yang mau dilantik, dan itu jumlah yang banyak di tengah pandemi covid 19 ini," ungkapnya.

Terpisah, hal senada dikatakan Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Ihwan Ritonga. Menurutnya, rapat paripurna DPRD Medan pengusulan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih segera dilakukan sebagai syarat administrasi pelantikan oleh Kemendagri.

Baca juga: Ini 2 Fokus Bobby Nasution Usai Ditetapkan Jadi Walkot Medan Terpilih

"Kita upayakan 26 Februari 2020 ini bisa ikut pelantikan," ujarnya kepada wartawan, Jumat (19/21/2).

Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Medan resmi menetapkan Bobby Nasution dan Aulia Rachman sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan terpilih hasil pilkada 2020 di Hotel Aryaduta, Kamis (18/2/2021) siang.

Ketua KPU Medan, Agussyah Damanik mengatakan hal ini adalah serangkaian proses tahapan puncak kegiatan rapat pleno yang dilakukan oleh KPU Kota Medan. Sekaligus juga mengakhiri rangkaian Pilkada Kota Medan.

"Karena sudah mulai sejak proses penetapan Paslon kemudian nomor urut, kampanye, rekapitulasi dan ini kita menetapkan Paslon Wali Kota terpilih paska putusan dari MK di 15 Februari. Dan paling lambat 5 hari dari putusan itu harus diproses dengan segera untuk penetapan," ujarnya.

Baca juga: Bobby Nasution Ditetapkan Jadi Wali Kota Medan Hari Ini

Sumber: tribunnews.com