SIANTAR, HETANEWS.com - Komisi III DPRD Siantar meminta direksi Perumda Tirtauli agar mempertimbangkan kembali kebijakan beban tetap air minum kepada pelanggan di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Menurut Anggota Komisi III Nurlela Sikumbang  beban tetap itu diperuntukkan bagi pelanggan yang tidak menggunakan air dan yang memakai air. Nurlela juga mempertanyakan munculnya kebijakan beban tetap di masa pandemi.

"Di tahun 2013 ini sudah dihapuskan tetapi mengapa Ini kembali dilakukan? Kita sebagai wakil rakyat juga merasakan apa yang dirasakan rakyat," kata Nurlela Sikumbang saat rapat RDP Lintas Sektoral di ruangan rapat gabungan komisi Rabu (17/2/2021).

Dirut Perumda Tirtauli Zulkifli Lubis menjelaskan, salah satu tujuan beban tetap adalah meningkatkan kualitas air minum bagi pelanggan.

Baca juga: Perumda Tirtauli Sosialisasikan Pemakaian Beban Tetap Air Minum

Masih kata Zulkifli, beban tetap sesuai dengan regulasi. Pemakaian minimal ditambah kebutuhan pokok penggunaan air per orang seminim-minimnya adalah 60 liter per hari.

"Jadi kalau air Perumda tidak dipakai ada kekhawatiran bahwa digunakan air di luar Perumda. Air Perumda bebas dari bakteri tetapi air di luar itu tentu tidaklah sehat walaupun dia jernih dan putih," kata Zulkifli.

Ia menjelaskan, beban tetap bukan semata mata mengubah tarif air minum. Namun pelanggan yang tidak memakai air Perumda yang terkena dampak.

Sementara itu Astronout Nainggolan meminta direksi perumda mencari terobosan lain daripada menerapkan beban tetap di kondisi ekonomi di tengah pandemi Covid 19. Menurut Astronout, kebijakan beban tetap oleh direksi perumda sebaiknya ditunda karena saat ini sedang dalam pemulihan ekonomi.

Kata dia, pemerintah pusat sibuk meningkatkan pemulihan ekonomi dengan memberi bantuan kepada masyarakat. Sementara di Kota Siantar kebijakan Perumda malah menyulitkan warga.

"Saya pribadi lebih memilih PDAM tidak untung tapi masyarakatnya sehat. Daripada PDAM untung tapi masyarakatnya sakit," tutup Astronout.

Baca juga: Ini Beban Tetap Dikenakan Kepada Pelanggan Perumda Tirta Uli