SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Pengadilan Negeri Simalungun telah menetapkan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) "Terang Indonesia" diketuai Pondang Hasibuan SH dan Benny Girsang SH untuk menduduki Pos Bantuan Hukum/Pos Pelayanan Hukum (Posbakum/Posyankum) di kantor tersebut.

Nota Kesepakatan (MoU) antara LBH Terang Indonesia dan PN Simalungun tersebut telah ditandangani pada Selasa (16/2/2021) di ruang kerja KPN (Ketua Pengadilan Negeri) Simalungun.

Usai penandatanganan, Sekretaris PN Simalungun Citra Andriani SE yang ditanya wartawan menjelaskan terkait tugas Posbakum/Posyankum, tidak mendampingi sidang prodeo. Persidangan yang wajib didampingi pengacara yang ditunjuk oleh hakim (prodeo).

Posbakum/Posyankum PN Simalungun bertugas memberikan layanan hukum berupa informasi, konsultasi, dan advis hukum, serta pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ketua PN Simalungun A Hadi Nasution SH MH saat ditemui wartwan siang itu di ruang kerjanya juga menjelaskan jika untuk prodeo, majelis hakim nantinya akan memilih LBH yang telah terakreditasi.

"Disini ada 3 LBH yang terakreditasi antara lain LBH PK, BBH USI dan LBH SS. Namun yang biasa stay di Pengadilan Negeri Simalungun LBH PK yang diketuai Harfin Siagian," jelasnya.

Di tempat terpisah, Benny Girsang SH dan Pondang Hasibuan SH selaku penanggungjawab Posbakum/Posyankum dari LBH Terang Indonesia membenarkan tidak melakukan pendampingan dalam persidangan prodeo. Hanya memberikan informasi dan konsultasi hukum saja.