MEDAN, HETANEWS.com - Masa jabatan Akhyar Nasution sebagai Wali Kota Medan bakal berakhir lusa. Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman akan ditunjuk menjadi Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Medan.

"Kalau Pak Akhyar itu kan habis masa, nggak bisa nambah lagi. Untuk menantikan pelantikan Pj (penanggungjawab wali kota) kan ada proses, makanya Plh-nya Sekda-nya," kata Sekda Provinsi Sumatera Utara, Sabrina, di Medan, Senin (15/2/2021).

Sabrina mengatakan Wiriya akan menjadi Plh Wali Kota sampai surat keputusan tentang Pj Wali Kota Medan dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri. Surat usulan untuk Pj wali kota itu sendiri sudah dikirim ke Jakarta.

Untuk jabatan Plh, kata Sabrina, akan ditunjuk berdasarkan surat keputusan Gubernur Sumut. Saat ini pihaknya sedang memproses surat tersebut.

Baca juga: Hanya Enam Hari Jadi Wali Kota, Akhyar Nasution Minta Maaf...

"Kalau Plh dari Gubernur. Sekarang sedang kami proses, Sekda itu, tadi sudah saya paraf," ujarnya.

Akhyar merupakan Wakil Wali Kota Medan yang terpilih bersama Dzulmi Eldin pada Pilkada 2015. Keduanya resmi dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan pada 17 Februari 2016.

Masa jabatan kepala daerah adalah 5 tahun. Seharusnya jabatan Eldin-Akhyar sebagai pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan bakal berakhir pada 17 Februari 2021.

Akhyar Nasution kemudian dilantik menjadi Wali Kota Medan definitif pada Kamis (11/2). Akhyar menjadi Wali Kota definitif usai Dzulmi Eldin dipecat karena terjerat kasus korupsi.

Baca juga: "Siapa Pun Dia, Sejarah Mencatat Akhyar Pernah Jadi Wali Kota Medan"

Sumber: detik.com