JAKARTAm HETANEWS.com - Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) mengajak publik mengevaluasi diri di tengah pandemi Covid-19 dan krisis ekonomi yang tengah melanda dunia. Sebab, menurutnya, tak menutup kemungkinan kesalahan manusia menyebabkan sejumlah bencana yang terjadi.

Hal itu disampaikan SBY saat memberikan sambutan di acara Perayaan Tahun Baru Imlek ke-2572 Kongzili Tingkat Nasional secara virtual, Minggu (14/2/2021).

“Barangkali karena kesalahan dan keserakahan kita dalam menjaga dan menggunakan sumber-sumber kehidupan selama ini membuat ekosistem dan tatanan kehidupan berubah,” ungkap SBY.

“Akibatnya kita menghadapi bencana alam, bencana kesehatan, dan bencana kehidupan secara bersamaan,” sambung dia.

Maka dari itu, SBY pun mengajak masyarakat untuk bertobat dan meminta maaf kepada Sang Pencipta. Ia juga berpandangan, masyarakat perlu berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

“Dan ke depan sungguh merawat dan melestarikan bumi kita beserta sumber-sumber kehidupan yang dikandungnya,” ucap dia.

Dalam kesempatan itu, SBY sekaligus mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek ke-2572 Kongzili. SBY berharap, tahun baru Imlek dapat membawa kedamaian, keselamatan, dan kesejahteraan bagi umat Khonghucu dan seluruh rakyat Indonesia.

Sumber: kompas.com