SIANTAR, HETANEWS.com - Operasi Lalu lintas 2021 Polres Siantar mengedepankan pelanggaran Protokol kesehatan [Prokes] demi mencegah penyebaran Covid 19.

Kasat Lantas Polres Siantar AKP Muhammad Hasan mengatakan, operaso kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang mengedepankan tindak penilangan.

"Kalau aksi tilang tidak ada. Karena kita hanya melakukan himbauan dan sanksi sosial kepada pelanggar Prokes. Kita juga melakukan penempelan stiker berkaitan dengan Covid-19," jelas Hasan ditemui di kantornya, Senin (8/2/2021).

Dalam operasi  pihaknya juga mengimbau pengendara mematuhi Prokes kemudian membagikan masker kepada masyarakat yang kedapatan melanggar Prokes di tempat-tempat terjaring razia.

"Untuk titik razia kita itu di tempat rawan keramaian seperti, jalan Merdeka dan Jalan Sutomo termasuk Pasar Horas. Jika ada yang kita temukan melanggar, kita berikan edukasi, sanksi sosial lalu kita berikan masker," ujarnya.

Meski demikian, Hasan menjelaskan tindak tilang bisa saja terjadi jika adanya pelanggaran Lalin yang berlebihan hingga menyebab kecelakaan Lalu Lintas.

"Tilang tetap ada tapi itu berlaku saat Laka Lantas atau pengendara yang sudah terlalu para melanggar Lalin sampai kena 5 pasal,”

“Tapi, jika ada yang begitu kita tetap beri keringanan dengan mengurangi pasal yang dilanggar," tujuan ini meringankan beban yang terdampak Covid-19," tutupnya Hasan.

Baca juga: Sat Lantas Polres Siantar Amankan 55 Unit Septor Knalpot Blong