JAKARTA, HETANEWS.com - Ada 14 pemain senior yang dipanggil ke Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia. Padahal, TC kali ini digelar sebagai persiapan untuk menyambut SEA Games 2021.

Beberapa pemain senior dengan usia di atas 22 tahun di antaranya adalah; Nadeo Argawinata, Andy Setyo, Evan Dimas, hingga Adam Alis. Padahal, sepakbola SEA Games punya batasan usia 22 tahun sebagaimana yang telah diterapkan sejak 2017.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menjelaskan alasan kenapa ada banyak pemain senior yang dipanggil. Pada TC pertama, Desember 2020, ada banyak juga pemain di atas 22 tahun yang dipanggil.

"Kami belum memegang handbook SEA Games 2021 tentang regulasi pertandingan, termasuk umur peserta," kata Indra Sjafri kepada wartawan.

"Ini juga bukan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22, tapi pemusatan latihan timnas untuk SEA Games 2021," ujarnya lagi.

Selain itu, tak ada satupun nama-nama pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri. Misalnya Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, atau Syahrian Abimanyu.

Dari total 36 pemain yang dipanggil, semua berstatus pemain yang terikat kontrak dengan klub-klub dalam negeri. Soal ini, PSSI akan memanggil mereka di saat jeda internasional saja.

"Mereka sedang berlatih di klub masing-masing dan ada kegiatan pula di klub mereka. Kami bisa memanggil para pemain yang sedang bermain di luar negeri ke Timnas Indonesia saat FIFA Matchday," ucap eks pelatih Timnas Indonesia U-19.

TC Timnas Indonesia akan digelar sekitar tiga pekan di Jakarta. Para pemain akan menjalani TC pada 8-28 Februari.

sunber: detik.com