Siantar, hetanews.com - Peringatan hari ulang tahun (HUT) Partai Gerakan Indonesia (Raya) Gerindra ke 13 yang berlangsung secara nasional melalui virtual. Walaupun melalui virtual tampak para kader partai kompak menggunakan atribut kebanggaan partai.

Ketua Partai Gerindra Kota Siantar, Netty Sianturi mengatakan partai besutan Prabowo Subianto itu harus mampu mandiri Sabtu (7/2/2021).

“Ketua Umum Bapak Prabowo Subianto menekankan, Gerindra di seluruh daerah harus mandiri membesarkan partai dan membantu masyarakat. Jangan meminta-minta kepada pengurus pusat,” ujar Netty Sianturi di sela-sela peringatan HUT partai Gerinda di sekretariat DPC Partai Gerindra Kota Siantar.

Melalui anggota DPRD kota Pematangsiantar dari komisi II mengatakan kalau Gerindra punya komitmen kuat membangun Indonesia tanpa membedakan suku maupun agama. Untuk itu, keberadaan Gerindra di usia ke 13 tahun harus bermanfaat kepada masyarakat.

“Kalau tidak mampu memberi kepada orang banyak, lakukan kepada beberapa orang. Kalau itu juga tidak, jangan membuat kegaduhan,” ujarnya.

Untuk membangun Indonesia, Gerindra dikatakan tetap bekerjasama dengan partai lain. Namun, kalau ada masalah internal di kalangan partai, jangan dibawa keluar atau eksternal. Tetapi harus diselesaikan secara internal.  

Karenanya, seluruh kader partai, baik anggota dewan, para pengurus harus loyal kepada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. 

Terkait dengan peringatan HUT ke 13 partai Gerindra yang dilakukan secara nasional melalui virtual, dikatakan karena situasi dan kondisi negara dan bangsa Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19. Untuk itu, pelaksanaannya memang dilakukan secara sederhana.

"Meski secara virtual tetap berlangsung dengan khimad dan senantiasa mengedepankan kebersamaan," ujarnya.

Kebersamaan itu menurut Netty Sianturi terlihat melalui kerjasama antara anggota dewan dari Gerindra dengan para pengurus untuk memasang atribut partai di sejumlah lokasi Kota Siantar.

Sebelum acara puncak HUT Gerindra, DPC Gerindra Kota Siantar lebih dulu menyantuni anak panti asuhan serta anak yatim dari ummat Kristiani dan Muslim. Kemudian, pemotongan nasi tumpeng sebagai simbol kerakyatan karena partai Gerindra besar karena rakyat.

Pemotongan nasi tumpeng dilakukan, Netty Sianturi yang juga ketua Fraksi Gerindra DPRD Siantar. Selanjutnya, diserahkan kepada sekretaris, H Misnan. Kepada Irwan dan Bintar Saragih anggota DPRD Siantar dari Fraksi Gerindra.

Kegiatan tersebut juga dihadiri, para pengurus dan kader partai seperti Hotma Ulina, Ramlan Hadi, P Sinaga, Hendry D Sinaga, Pitto Hanafi Harahap, Syahmir ED serta sejumlah kader lainnya.