SIANTAR, HETANEWS.com - Belakangan ini ramai digadang gadang sejumlah nama yang bakal masuk bursa calon wakil Walikota Siantar. 

Ada nama Sondi Viktor Silalahi putera Sulung Almarhum Walikota terpilih Asner Silalahi, Sakti Sihombing Ketua  DPC Himpunan Masyarakat Batak Toba (Humatob) dan Mangatas Silalahi Ketua DPD Golkar Siantar yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Siantar.

Mangatas Silalahi resmi diusulkan DPD Partai Golkar sebagai Calon Wakil Walikota Siantar setelah rapat di kantor DPD partai Golkar Siantar di Jalan Sisingamangaraja, Sabtu, (6/2/2021).

Mangatas Silalahi mengaku siap untuk menjalankan amanah dari partai Golkar. Wakil Ketua DPRD ini pun akan melakukan komunikasi dengan para anggota DPRD lainnya.

"Sebagai kader saya nyatakan siap dan saya harus siap menjalankan amanah dan perintah tersebut," katanya.

"Yang pasti kita akan melakukan upaya pendekatan kepada teman-teman partai yang lain, baik di pusat, di DPD I dan DPD II," ucapnya menambahkan.

Koordinator Bidang Kepartaian Muh Hanafiah Harahap menjelaskan, bahwa keputusan ini telah final berdasarkan keinginan dari pengurus Golkar tingkat kecamatan, organisasi yang dilahirkan dan organisasi yang melahirkan Golkar. 

Adapun pertimbangan pengusulan nama ini secara kelembagaan adalah kader yang sudah memulai organisasi ini sejak 30 tahun yang lalu. Kemudian Mangatas dianggap sudah teruji dan mumpuni sebagai anggota DPRD Kota Siantar.

Dukungan Untuk Putra Simalungun

Selain dari deretan nama tersebut, Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (GEMAPSI) mengusulkan sosok Wakil Walikota Siantar pendamping dr Susanti Dewayani  dari kalangan etnis Simalungun.

Melalui surat yang dilayangkan ke masing masing Parpol, GEMAPSI memohon dalam pengusulan Wakil Walikota Siantar masa bakti 2021–2024 untuk mempertimbangkan kesempatan kepada Putra Etnis Simalungun.

“Alasan itu salah satunya meminta kepada Parpol untuk memberikan kesempatan kalangan etnis Simalungun untuk memimpin Kota Siantar” kata Ketua Gemapsi, Anthony Damanik dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (18/1/2021).

Baca juga: GEMAPSI Minta Wakil Walikota Dari Putra Simalungun

Menunggu Walikota definitif

DPRD Siantar telah mengusulkan pelantikan Wakil Walikota terpilih Pilkada Siantar 2020, dr Susanti Dewayani pada tanggal 28 Januari 2021. Pada kesempatan itu DPRD juga menyampaikan Walikota terpilih Asner Silalahi telah meninggal dunia.

Wakil Ketua DPRD, Mangatas Silalahi, diwawancarai di kompleks perkantoran DPRD pada tanggal 26 Januari 2020 mengatakan, DPRD akan mengusulkan calon wakil Walikota paling lama 1 bulan setelah pelantikan dr Susanti.

Pihaknya akan mengusulkan dua nama kandidat Wakil Walikota setelah Susanti diangkat sebagai Walikota definitif periode 2020-2024.

"Pengusulan wakil walikota akan diusulkan oleh 8 partai pendukung dan akan ada 2 orang yang diusulkan sebagai calon wakil walikota Siantar," tutupnya.

Sebagaimana diketahui Paslon tunggal Pilkada Siantar yang diusung 8 parpol, Asner Silalahi dan dr Susanti [PASTI] memenangkan Pilkada Siantar 2020. Pasca Pilkada Walikota terpilih Asner Silalahi meninggal dunia.

Baca juga: Peluang Putra Sulung Almarhum Asner Menjabat Wakil Walikota

Penulis: Juindra Sihombing