SIANTAR, HETANEWS.com - Media merupakan sarana publikasi yang paling cepat menyebarkan informasi kepada masyarakat. Oleh sebab itu, media merupakan mitra terdekat Bank Indonesia dalam rangka mengedukasi masyarakat khususnya dalam menyajikan berita ekonomi.

Juga melalui media, mempublikasikan tugas tugas Bank Indonesia dan mendukung pembangunan ekonomi nasional. Demikian disampaikan Poltak Sitanggang Deputy Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Jumat (5/2/2021) dalam acara BISIK (Bank Indonesia Sharing Info dan Komunikasi) dengan wartawan unit ekonomi Siantar dan sekitarnya.

Dalam kesempatan itu,Bank Indonesia Pematangsiantar mengajak media untuk menyampaikan berita apa saja terkait pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Juga dampak kebijakan Bank Indonesia sebagai Bank Sentral ke daerah.

Seperti beberapa kebijakan pemirintah terkait Mata Uang, BI-7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) yang berlaku efektif sejak 19 Agustus 2016, menggantikan BI Rate.

Penguatan kerangka operasi moneter ini merupakan hal yang lazim dilakukan di berbagai bank sentral dan merupakan best practice internasional dalam pelaksanaan operasi moneter. Dan peluncuran Quick Respond Indonesia Standar (QRIS), mengedukasi masyarakat tidak lagi bertransaksi secara tunai.

Media berperan penting dalam menyajikan informasi, bukan hanya di Pematangsiantar tapi juga secara nasional.

"Bekerja satu sama lain dan menguntungkan satu sama lain, tak ada jarak", kata Poltak, didampingi Harus, Santy dan Shasa.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Edhi Rahmanto Hidayat, menambahkan jika dalam waktu dekat akan lebih sering menjalin komunikasi dengan media dan nmembuat pelatihan.

Tujuannya agar para jurnalis di kota Siantar lebih menguasai dalam pemberitaan dan menyajikan berita ekonomi, disamping menambah wawasan di bidang ekonomi

Diakuinya, jika selama pandemi mengalami problema interaksi, mencoba pola baru dimana kegiatan tetap berjalan di tengah pandemi dan komunikasi tetap terjalin.

Bank Indonesia sendiri, melakukan semua komunikasi secara virtual selama pandemi. Sesuai aturan yang ada,secara bersama dan mendukung program pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran covid-19. Acara BISIK berlangsung sesuai Prokes.