TANJUNGBALAI ,HETANEWS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai menerima 2.240 vial vaksin Sinovac. Vaksin perdana tersebut diperuntukkan bagi Forkopimda, tenaga kesehatan dan masyarakat.

“Sore ini kita sudah menerima vaksin covid-19 dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, ada 2.240 Vaksin yang akan digunakan untuk dua kali vaksinasi, artinya ada sekitar 1.108 orang tenaga kesehatan dan selebihnya masyarakat yang akan divaksin,” ujar Wali kota H.M Syahrial saat menerima vaksin sinovac di rumah dinas, Rabu sore (3/2/2021). 

Pelaksanaan vaksinasi akan dilaksanakan untuk tahap pertama esok harinya pada Kamis (4/2) di Pendopo rumah dinas Wali kota. 

"Saya akan menjadi orang pertama yang akan divaksin bersama Forkopimda Tanjungbalai, Insyaallah kita semua diberi kesehatan sehingga besok bisa mengikuti vaksinasi dengan baik, " ujar Wali Kota 

Berdasarkan data yang kita terima, jumlah vaksin yang kita terima untuk Kota Tanjungbalai sebanyak 2.240 Vial, alkohol Swab 22 Kotak, Alat Suntik 2.600 buah, Safety Box 300 buah, APD Set sebanyak 727 paket serta Rapid Test Antigen 300 buah. 

Syarat vaksinasi

Menurut Syahrial, dalam pemberian vaksinasi ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh penerima vaksin. Jika tidak memenuhi persyaratan tersebut akan ditunda pemberian vaksinnya.

“Sebelum divaksin, akan dilakukan tes kesehatan dulu. Jika tidak memenuhi, maka akan ditunda pemberian vaksinnya. Kemudian jika sudah pernah terpapar tidak akan diberikan lagi,” ujarnya.

Syahrial tetap menghimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan 3M. Hal itu bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran.

Baca juga: Hotel Tresya Ditutup Bukan Karena Wanita Meninggal Dunia

Kontributor Tanjungbalai: Feri Matondang