JAKARTA, HETANEWS.com - Aglonema merupakan salah satu tanaman hias yang masih terus digandrungi dan semakin banyak dicari sejak pandemi Covid-19.

Banyaknya varietas dan corak yang beragam menjadi salah satu alasan mengapa tanaman hias aglonema terus populer.

Setelah koleksi aglonema lengkap, kini beberapa kolektor mulai melirik jenis-jenis yang unik. Salah satu jenis aglonema yang kian diburu para kolektor tanaman hias adalah aglonema mutasi.

Tidak hanya unik, aglonema mutasi juga disukai karena termasuk tanaman hias yang langka.

Berbeda dengan aglonema pada umumnya, jenis mutasi ini memiliki keistimewaannya tersendiri. Aglonema mutasi merupakan jenis massal yang berubah penampilan dari varietas aslinya.

Berikut jenis-jenis tanaman hias aglonema mutasi, dikutip dari buku Aglonema Teknik Baru, Peluang Baru.

1. Aglonema Adelia merah

Tanaman hias aglonema jenis satu ini disebut cukup istimewa karena dikenal dengan sosok daunnya yang menawan.

Daunnya lebar dan hampir bulat seperti mangkuk. Warna daunnya yang merah terlihat mencolok, kontras dengan totol hijau kecil-kecil yang menyelimuti daunnya.

2. Aglonema Audrey

Tanaman hias aglonema audrey merupakan bentuk lain mutasi dari widuri. Ciri khas daunnya ialah berukuran lebar dengan dasar merah bermotif hijau dan kuning.

Tanaman hias ini disukai dan diburu para pecinta tanaman hias karena memiliki keistimewaannya sendiri, yakni mutasi yang rata pada setiap daunnya lho.

3. Aglonema Butterfly

Ciri khas butterfly ialah memiliki warna dasar hijau dengan motif merah muda yang nyaris tak terlihat pada jenis ini. Tulang daunnya berwarna pink yang tampak mencolok di daunnya.

Keistimewaan tanaman hias aglonema butterfly ialah motif corak merah yang telah berubah menjadi hijau. Jenis ini terbilang cocok untuk menghiasi ruangan di rumah.

4. Aglonema Diana

Aglonema jenis ini tergolong istimewa lantaran motif umumnya sudah nyaris hilang sempurna. Sebagai gantinya, warna kuning tersebut menjadi cerah berpadu tulang merah yang melebar.

Warna daunnya yang cerah akan tampak menyala di dalam ruangan .

5. Aglonema Dolores

Dolores merupakan jenis tanaman hias aglonema yang langka dan diburu para penggemarnya. Hal ini disebabkan warna mutasinya yang berubah sempurna.

Keistimewaan dolores dapat lihat pada dedaunannya yang berwarna merah dan kuning merata pada semua daunnya. Berkat warna daunnya, dolores akan terlihat memesona dengan menyala di ruangan.

6. Aglonema Donna Carmen

Tanaman hias aglonema dona carmen tampak istimewa karena daunnya yang berbentuk bulat cekung seperti mangkuk. Pada ujung daunnya juga terlihat cukup runcing.

Aglonema donna carmen diburu para pecinta tanaman hias karena mutasi daunnya yang tampak unik. Keistimewaan donna carmen mutasi dapat dilihat pada warna tulang daunnya yang berwarna pink lembut melebar ke helaian daunnya. Berbeda dari donna carmen pada umumnya.

7. Donna carmen hijau

Jika tanaman hias aglonema donna carmen populer karena warna merah muda pada batangnya yang melebur ke daun, donna carmen hijau cukup berbeda.

Mutasi warnanya cukup istimewa yang awalnya tulang daunnya berwarna merah, berubah menjadi warna putih. Sehingga, itu menonjolkan warna hijau gelap berpadu putih pada dedaunannya.

sumber: cnnindonesia.com