SIANTAR, HETANEWS.com - Inspektorat Kota Siantar angkat bicara soal kasus yang melibatkan oknum PNS menjabat Kepala sesi (Kasi) di Disperindag.

Inspektorat meminta Kepala Disperindag selaku atasan melaporkan bawahannya yang terlibat penipuan agar segera diperiksa.

"Kita sarankan agar Kadis nya segera membuat surat ke Inspektorat. Agar oknum PNS itu kita panggil. Karena seperti itu prosedurnya," kata Plt kepala Inspektorat Junaidi Sitanggang dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (28/1/2021).

Junai mengaku baru mengetahui informasi tersebut dari pemberitaan dan sejumlah awak media yang meminta konfirmasi.

Ia menjelaskan, setelah kasus itu dilaporkan oleh atasan pihaknya dapat melakukan pemanggilan dan melakukan pemeriksaan lanjutan. 

Masih kata Junaidi, jika nantinya kasus itu terbukti pihaknya akan memberikan sanksi berat maupun sedang kepada mantan lurah Sumber Jaya itu.

Baca juga: Jeratan Hukum Menanti Oknum PNS Disperindag

Diketahui kasus dugaan penipuan melibatkan oknum PNS Disperindag bernama Hermansyah. Pria yang menjabat sebagai salah satu Kepala Seksi ini meminta sejumlah uang dari warga dengan iming iming menerima program pemerintah yakni UMKM.

Ulah Hermansyah diketahui sejak Oktober 2020 silam. Namun kasus ini mencuat ke permukaan setelah warga yang merasa dirugikan beramai ramai mendatangi kantor Disperindag di Jalan Cempaka.

Sementara itu, Plt Kepala Disperindag dimintai pendapatnya soal kasus tersebut mengatakan itu urusan pribadi Hermansyah. Ia berdalih Hermansyah bertindak bukan atas nama Disperindag.

Sementara itu Hermansyah dipercaya warga karena statusnya sebagai pegawai Disperindag yang berkaitan dengan program pemerintah UMKM.

Baca juga: Rentetan Kasus Bawahan Di Masa Kepemimpinan Jadimpan Pasaribu