MEDAN, HETANEWS.com - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara (Sumut), Denny S Wardhana menyatakan siap mendukung Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) dalam menyediakan fasilitas kamar untuk menampung pasien orang tanpa gejala (OTG) terkait Covid-19.

"Beberapa bulan lalu, ada permintaan dari Pemprov Sumut kepada PHRI untuk mendukung penanganan pandemi Covid-19. Kita diminta menyediakan sekitar 600-an kamar untuk menampung pasien OTG," ujar Ketua PHRI Sumut Denny S Wardhana kepada Beritasatu.com di Medan, Selasa (26/1/2021).

Denny menyampaikan, koordinasi dalam rencana kerjasama dengan Pemprov Sumut tersebut, untuk mempermudah penanganan pandemi Covid-19. Tujuan koordinasi ini agar penanganan kesehatan terhadap OTG lebih cepat dan tidak menyebarkan dan menularkan ke orang lain.

"Sampai saat ini, kami masih tetap siap untuk berkoordinasi dengan Pemprov Sumut melalui Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumut terkait penyediaan kamar untuk pasien OTG. Untuk sejauh ini, pasien OTG berdasarkan informasi yang saya terima dari teman - teman perhotelan, belum ada yang ditampung di hotel di Medan," katanya.

Untuk penggunaan hotel sebagai tempat isolasi, sambung Denny, pernah dimanfaatkan Pemprov Sumut dalam menangani pandemi Covid-19 di Kepulauan Nias. Pemprov Sumut juga menggunakan sarana hotel di Deli Serdang khusus untuk kalangan tenaga kesehatan (nakes).

"Terkecuali di Nias yang kemungkinan sudah selesai bentuk kerjasamanya dengan pihak hotel, berdasarkan laporan dari PHRI di kabupaten/kota di Sumut, belum ada yang digunakan. Namun secara umum, kami menyatakan kesiapan membantu pemerintah dalam menampung pasien OTG," sebutnya.

Sumber: beritasatu.com