SIANTAR, HETANEWS.com - Pemerintah Kota Siantar melakukan test swab Covid-19 kepada ratusan warga Siantar secara gratis di Rumah Singgah jalan Sisingamangaraja, Kota Siantar Senin (27/1/2021).

Banyak warga yang ingin ikut test swab Covid-19 tidak mengindahkan protokol kesehatan.

Petugas berulang kali mengingatkan agar menjaga jarak dan tidak kena kontak fisik dengan warga lainnya.

"Kami mohon kepada ibu dan bapak agar menjaga jarak, Karena banyak di antara kita yang memiliki kontak erat atau pernah positif Covid-19," ujar petugas dengan microfon.

Namun sayangnya warga tidak mengindahkan himbauan dari petugas dan tetap tidak menjaga jarak karena penasaran melihat tata cara pendaftaran.

Beberapa warga pulang terpaksa pulang karena melihat banyaknya warga yang ikuti test swab massal, satu diantara mereka adalah Rudi Simbolon.

"Rame kali Lae, pulanglah kalau kayak gininya ramainya, daripada kena covid aku disini," kata Rudi saat di tanyai Hetanews.

Rudi mengapresiasi test swab gratis yang dilakukan oleh Pemko Siantar, namun harus dibatasi.

"Test swab yang dilakukan Pemko udah bagus, tapi harusnya dibatasi pesertanya, jangan kayak gini rame kali sampai ratusan orang yang datang," katanya.

Dilanjutkannya, dengan adanya test swab massal yang jumlahnya ratusan ini bisa jadi lokasi baru penyebaran covid-19.

Kadis Kesehatan Siantar, Dr Ronald Saragih, tidak dapat berkomentar ketika dihubungi oleh Hetanews karena sedang rapat di Medan.