HETANEWS.com - Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris akan segera menempati kediaman barunya di Naval Observatory, sisi barat laut Washington DC. Rumah tersebut merupakan tempat yang pernah ditinggali beberapa pendahulunya.

Bersama sang suami Doug Emhoff, Harris akan tinggal di rumah Number One Observatory Circle. Dia akan menjadi wakil presiden ke-delapan Amerika yang tinggal di rumah bergaya arsitektur abad ke-19 tersebut.

Menurut situs resmi Gedung Putih, Number One Observatory Circle dijadikan rumah resmi bagi wakil presiden Amerika yang menjabat sejak tahun 1974. Tapi, Harris dan Emhoff harus menunggu agar dapat menempati rumah itu.

"Perbaikan rumah bisa lebih mudah dilakukan jika rumah dalam kondisi kosong," kata seorang jurubicara kepada Fox News. Jurubicara tersebut menambahkan, perbaikan rumah mencakup cerobong asap dan perawatan rumah tangga lainnya.

Sembari menunggu perbaikan rumah selesai, pasangan Harris-Emhoff akan menetap sementara di Blair House, seperti dilaporkan Fox News. Blair House adalah rumah yang dikhususkan untuk tamu presiden yang letaknya berada dekat Gedung Putih.

Number One Observatory Circle dibangun pada tahun 1894 dan memiliki tiga lantai. Material bangunan rumah terdiri dari batu bata dan kayu, dengan daun jendela berwarna hijau dan beranda yang tertutup sebagian.

Rumah ini dibangun di atas lahan seluas 72 hektar dan dilengkapi ruang tamu yang sudah direnovasi, ruang bersantai, taman, dua lounge, ruang resepsi, ruang makan, serta dapur. Pada awalnya rumah tersebut didirikan untuk pengawas dari US Naval Observatory.

Namun, menurut cerita, seorang kepala operasi angkatan laut AS pernah mengusir pengawas tersebut, dan akhirnya menempati rumah itu. Di tahun 1974, Number One Observatory Circle ditetapkan menjadi kediaman bagi wakil presiden AS.

Tetapi, Wakil Presiden Gerald Ford tidak pernah menetap di sana, termasuk sebelum mengambil alih jabatan presiden Richard Nixon yang mengundurkan diri. Ford kemudian menjadi presiden, dan Nelson Rockefeller sebagai wakil presiden.

Sama seperti Ford, kediaman resmi Rockefeller berada di tempat lain, bukan di Number One Observatory Circle. Barulah di saat Walter Mondale menjadi wakil presiden mendampingi Jimmy Carter antara tahun 1977-1981, rumah itu akhirnya ditempati wakil presiden AS.

Kemudian, Wakil Presiden George H. W. Bush, Dan Quayle, Al Gore, Dick Cheney, Joe Biden, dan Mike Pence juga tinggal bersama keluarganya di sana.

Sumber: kompas.com