SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Komplotan pencuri gagal melakukan aksi pencurian sepeda motor di wilaya Kabupaten Simalungun. Lima orang merupakan warga Kota Siantar itu kini diamankan Polisi setelah sempat melarikan diri.

Kelimanya beraksi menggunakan mobil di kawasan perladangan di Nagori Huluan, Kecamatan Dolok Masagal, Jumat (23/1/2021) pagi.

Dua orang pelaku mengincar sepeda motor Honda Vario BK 4189 MAI milik Rado TP Sitanggang (19) yang diparkiri di seputaran ladang miliknya.

Rado pun melihat aksi pelaku saat ia memetik cabai. Kedua pelaku mendorong sepeda motornya itu hingga rado berteriak.

Menyadari aksinya ketahuan, kedua pria itu melarikan diri dan meninggalkan sepeda motor tersebut ke arah jalan Besar Saribudolok-Siantar.

Keduanya ditunggu rekannya di dalam satu mobil Xenia hitam BK 1406 WL, lalu melarikan diri kearah Pematang Raya, Kecamatan Raya.

Tak sampai disitu, upaya pelarian komplotan pencuri itu ternyata digagalkan warga. 

Tepat di Simpang Dusun Prapat Huluan, Nagori Simanabun, Kecamatan Silau Kahean mobil yang dikendarai para pelaku dapat dihentikan warga dengan memalangkan Mobil Taft Badak.

Sehingga mobil Xenia dikendarai mereka menabrak tiang listrik. Begitupun kelima pelaku nekat kabur. 

Namun dua pelaku, inisial EA (23) RR (18) berhasil  diamankan warga saat melarikan diri ke tepi jurang belakang sebuah rumah. Sementara  tiga pelaku lagi berhasil kabur ke arah hutan

Warga yang sudah kadung emosi menghajar kedua pelaku hingga Polisi tiba lalu membawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

"Namun tiga  pelaku lain yang melarikan diri ke arah hutan di Nagori Parapat Huluan Kecamatan Silau Kahean Kabupaten Simalungun. Nama dan identitas telah dikantongi oleh polisi," ujar Kasubbag Humas Polres Simalungun, AKP Lukman Hakim Sembiring, melalui keterangan tertulis, Senin (25/1/2021).

Malam harinya sekira pukul 19.15 WIB, ketiga pelaku, BA (32), WA (23)  dan FS (31)  menyerahkan diri ke warga lalu diserahkan ke Polsek Silau Kahean.

Kini kelima Pelaku itu sudah ditahan di Mako Polsek Pamatang Raya.

Polisi melaporkan kelima pelaku dikenakan   percobaan pencurian Pasal 365 KHUPidana.

Polisi juga menahan barang bukti Mobil Xenia dalam keadaan rusak parah, tas sandang dan obeng.

Baca juga: Cerita Asrul Honda Beat HP Xiaomi Hilang Percuma Lapor Polisi