SIANTAR, HETANEWS.com - Pedagang di Pasar Horas mengakui harga cabai merah turun drastis pada Januari 2021. 

Sebelumnya harga capabai mencapai Rp 60 ribu per kilo kini turun sekitar Rp 30 Ribu. 

Salah seorang pedagang sayur mayur di Pasar Horas, Kelurahan Dwikora, boru Purba, mengakui penurunan harga cabai di pasaran.

Selain harga turun, menurutnya pasokan cabai yang datang dari penyalur ke pedagang juga lancar. 

"Sekarang harganya separuh turun, jadi Rp 30 ribu perkilo untuk cabe merah," ucap Ibu ini kepada Hetanews ditemui di Pasar Horas, Minggu (241/2021).

Begitupun kata dia, harga cabai rawit dan cabai ikut mengalami penurunan.

"Bukan hanya cabe merah, cabe rawit kini harganya Rp 40 ribu dari harga sebelumnya Rp 100 ribu. Cabe hijau sekarang Rp 28 ribu yang dari harga sebelumnya Rp 44 ribu," sebutnya.

Menurut Purba, menurunnya harga tak lain karena pasokan dari petani mulai lancar. Ditambah saat ini sedang memasuki musim panen.

"Melimpahnya stok cabe mengakibatkan turunnya harga cabe di tambah lagi tidak adanya kontrol harga dari pemerintah," ucapnya.

Sementara itu, harga bawang merah dan bawang putih tetap normal. Stok untuk kebutuhan dipasaran, kata Purba, juga masih mencukupi.

"Kalau harga bawang merah maupun bawang putih harganya masih normal. Mulai harga Rp 20 ribu sampai Rp25 ribu perkilo. Meski terkadang harganya naik turun kalau untuk stock tetap ada," tutupnya.

Baca juga: Hinca Serukan Gotong Royong Untuk Perbaikan Pasar Horas