SIANTAR, HETANEWS.com - Dijanjikan upah Rp 50 Juta jika berhasil mengantarkan sabu-sabu dari Medan ke Jakarta, Chairul Aswad alias Irul (36) warga Siantar diadili di Pengadilan Negeri Medan bersama 3 terdakwa lainnya. 

Narkotika jenis Sabu yang disita oleh Polisi sebanyak 23 gram.

Irul dan tiga terdakwa lainnya yaki Daniel Edi Johannes, Viktor Yudha Aritonang dan Afri Andi alias Kodok, disidangkan dalam berkas terpisah.

"Kami sebagai kuasa hukum dari terdakwa Chairul Aswad alias Irul," kata Ruth Purba SH kepada Hetanews, Sabtu (23/1/2021).

Ia mengatakan, kliennya itu diamankan dari tempat kost di jalan Kasad Kelurahan Bukit Sofa Siantar Sitalasari, pada Jumat, 19 Juni 2020 sekira pukul 19.00 wib. 

Saat ditangkap, terdakwa Irul mengaku membawa sabu tersebut dari Medan ke gudang sayur kol di Saribudolok, Kabupaten Simalungun bersama rekannya Arif.

Sementara Arif, kata Ruth, diciduk Polisi dari Hotel Golden Padang Bulan, Medan. 

"Terdakwa Irul mengaku dijanjikan 50 juta oleh Daniel Edi Johannes, yang berhasil diamankan dari sebuah rumah di jalan Karya Wisata Medan Johor dan turut diamankan terdakwa Viktor Yudha Aritonang," jelasnya.

Pihak kuasa hukum terdakwa tidak mengajukan eksepsi (keberatan) atas dakwaan jaksa tersebut. "Kami nanti akan menuangkan semua pembelaan dan faktanya dalam pledoi saja," ucapnya.

Para terdakwa dijerat dengan pasal 114 (2) ataupun pasal 112 (2) UU RI No 35 Tahu  2009 tentang peredaran narkotika. Persidangan digelar setiap Selasa di Pengadilan Negeri Medan.

Baca juga: Pengedar Sabu Tomuan Masuk Hotel Prodeo