BEIJING, HETANEWS.com - Beijing meluncurkan pengujian Covid-19 massal di beberapa daerah pada hari Jumat (22 Januari), sementara Shanghai menguji semua staf rumah sakit, ketika China memerangi wabah penyakit terburuk sejak Maret .

China Daratan melaporkan sedikit penurunan kasus Covid-19 harian baru pada hari Jumat - 103 dari 144 kasus sehari sebelumnya. Dari kasus baru ini, 94 adalah penularan lokal: Heilongjiang timur laut melaporkan 47 kasus baru, sementara provinsi Jilin melaporkan 19 kasus baru. 

Shanghai melaporkan enam kasus baru, sedangkan ibu kota Beijing melaporkan tiga kasus baru. Beberapa distrik di Beijing meluncurkan tes Covid-19 massal setelah beberapa hari berturut-turut kasus baru di ibu kota China, dengan antrian panjang terbentuk di beberapa bagian kota.

Pejabat kota mengatakan ada beberapa "kebocoran" dalam pengendalian epidemi di beberapa daerah pedesaan, dengan kepatuhan yang tidak memadai terhadap aturan tentang penggunaan masker, jarak sosial dan pemeriksaan suhu. 

Shanghai mulai menguji semua staf rumah sakit untuk penyakit itu pada Kamis setelah dua pekerja tersebut dinyatakan positif.

Hampir semua transmisi lokal dan kasus tanpa gejala di Harbin, ibu kota provinsi Heilongjiang, terkait dengan pabrik pengolahan daging yang dimiliki oleh perusahaan patungan antara konglomerat agro-industri teratas Thailand, CP Group, dan zona pengembangan lokal, menurut sebuah pernyataan pejabat lokal. 

Ini dianggap sebagai kelompok kasus pertama di pabrik daging di China, meskipun fasilitas seperti itu telah menjadi hotspot untuk wabah pandemi di tempat lain di dunia. Perusahaan patungan tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar.

Puluhan juta orang telah diisolasi di kota-kota utara di tengah kekhawatiran bahwa infeksi yang tidak terdeteksi dapat menyebar dengan cepat selama liburan Tahun Baru Imlek, yang hanya beberapa minggu lagi. 

Ratusan juta orang biasanya melakukan perjalanan selama liburan, pada pertengahan Februari tahun ini, saat para pekerja migran kembali ke provinsi asalnya untuk melihat keluarga.

Pejabat mengharapkan sejumlah besar pelancong, meskipun jauh lebih sedikit daripada tahun-tahun normal. Kota pelabuhan utara Tianjin mengatakan pada hari Jumat bahwa semua kedatangan domestik harus menunjukkan tes Covid-19 negatif dan harus menjalani observasi rumah selama 14 hari.

Provinsi Hebei, di sebelah Beijing, melaporkan 18 kasus baru yang ditularkan secara lokal. Di stasiun kereta berkecepatan tinggi di kota terbesarnya Shijiazhuang, penumpang diizinkan turun dari kereta pada hari Jumat tetapi tidak ada yang terlihat naik. 

"Saya tidak pernah dipisahkan dari putri saya selama Tahun Baru sebelumnya," kata seorang wanita bermarga Hao, yang berada di Shijiazhuang merawat ibunya dan diberitahu oleh lingkungannya bahwa dia sekarang tidak diizinkan untuk kembali ke Beijing, di mana sisa keluarganya. 

Ms Hao berharap bahwa pembatasan akan mencabut pada waktunya bagi mereka untuk bersatu kembali selama festival. 

"Ketika (putri saya) belajar di luar negeri di London, saya terbang ke sana pada malam Tahun Baru. Dia adalah motivasi saya untuk kembali," katanya.

Ayah Ms Hao berada di panti jompo di Beijing yang tidak lagi mengizinkan pengunjung. Stasiun kereta sebelah barat ibu kota, yang biasanya dilewati banyak penumpang menjelang Tahun Baru Imlek, hampir kosong pada Jumat pagi. 

Antrian sepanjang lebih dari 200m terlihat di luar Sekolah Dasar Dengshikou, tempat ujian di dekat pusat kota. Seorang pria bermarga Lin mengatakan supermarket tempat dia bekerja telah menyuruhnya untuk mengikuti tes pagi itu. 

"Orang-orang di sini semuanya harus diorganisir oleh perusahaan mereka," katanya. "Saya tidak terlalu khawatir, meskipun putaran wabah ini agak tidak terduga. Saya datang seperti yang diperintahkan unit kerja saya."

Jumlah kasus asimtomatik baru, yang tidak diklasifikasikan oleh China sebagai kasus yang dikonfirmasi, naik menjadi 119 dari 113 kasus sehari sebelumnya. Jumlah total kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di China Daratan sekarang mencapai 88.804, sementara jumlah kematian tetap tidak berubah di 4.635.

Sumber: straitstimes.com