JAKARTA, HETANEWS.com - Komjen Listyo Sigit Prabowo sebentar lagi akan melepas jabatannya sebagai Kabareskrim dan dilantik menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Lalu kapan nama Kabareskrim baru diumumkan?

"(Pengganti Kabareskrim diumumkan) setelah Kapolri baru dilantik," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono melalui pesan singkat, Jumat (22/1/2021).

Dihubungi terpisah, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyampaikan saat ini Polri belum menetapkan Kabareskrim baru. Rusdi mengatakan pemilihan Kabareskrim akan dilakukan oleh Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri.

"Wah, itu sampai saat ini belum (nama calon Kabareskrim). Yang jelas proses pengangkatan ada namanya Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi, itu yang akan memproses itu semua," kata Rusdi.

Rusdi menjelaskan nantinya Wanjakti akan mendiskusikan nama-nama calon kandidat terbaik Polri yang layak untuk menggantikan Komjen Listyo Sigit Prabowo. "Ya tentunya nanti dewan itu akan mendiskusikan, merapatkan siapa saja personel terbaik Polri yang akan atau dianggap mampu untuk memangku jabatan tersebut," jelasnya.

Rusdi memastikan Polri bekerja secara sistem sehingga objektif, bukan subjektif. Rusdi menyebut pergantian Kabareskrim tidak akan mempengaruhi kinerja Bareskrim Polri.

"Kan ada Wakaba (Wakil Kepala Bareskrim)-nya, segala macam bisa. Berjalanlah ini semua. Operasional sehari-hari kan bisa dijalankan oleh wakilnya. itu nggak masalahlah. Tidak (mengganggu kinerja internal), dulu Pak Idham Azis dari Kabareskrim juga jabat Kapolri to. Kita sudah berjalan berdasarkan sistem, bukan karena orang per orang," ujarnya.

"Polri bekerja karena berdasarkan sistem yang sudah ada gitu, bukan karena orang per orang. Ketika siapa pun yang ada di situ, bekerja sistem itu, sistem kan sudah berjalan dengan sistem, tidak harus orang per orang ya," sambungnya.

Rapat paripurna pengambilan keputusan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri digelar di gedung Nusantara II, kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/1/2021). Rapat dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani. Sebelumnya, DPR RI menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Persetujuan itu diambil dalam rapat paripurna DPR.

Persetujuan Komjen Sigit menjadi Kapolri diawali dengan pembacaan hasil fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan Komisi III DPR. Berdasarkan hasil fit and proper test, Komisi III menyetujui Komjen Sigit menjadi Kapolri.

Baca juga: IPW Prediksi Listyo Sigit Langsung Mutasi Besar-besaran

sumber: detik.com