TURKI, HETANEWS.com - Setelah Indonesia, Turki dan Brasil, kini Azerbaijan menyusul memakai vaksin Corona Sinovac. Vaksinasi dimulai minggu ini.

Anadolu Agency seperti dilihat Kamis (21/1/2021) vaksinasi tahap satu di Azerbaijan sudah dimulai pada Senin (18/1). Yang pertama disuntik dengan vaksin Sinovac adalah Menkes Azerbaijan, Oktay Shiraliyev.

"Vaksin ini sudah diuji klinis di berbagai negara. Tidak ada efek samping berat," kata Shiraliyev usai vaksinasi.

Azerbaijan punya hubungan dekat dengan Turki dan mengikuti Turki yang duluan memakai vaksin Sinovac. Shiraliyev mengatakan, secara ilmiah beberapa orang yang divaksin ada kemungkinan masih bisa terinfeksi COVID-19, namun dampaknya akan ringan-ringan saja.

"Vaksin ini sangat efektif," kata dia.

Azerbaijan berencana mendatangkan 4 juta dosis vaksin Sinovac secara bertahap. Mereka menargetkan 40% populasi mendapatkan imunisasi Sinovac.

Vaksinasi di Azerbaijan akan dilakukan 2 tahap. Tahap pertama untuk tenaga kesehatan, orang di atas usia 65 dan aparat keamanan.

Vaksinasi tahap kedua akan diberikan pada orang dengan penyakit kronis seperti penyakit pernapasan, hemodialisis, diabetes, obesitas dan orang di atas usia 50 tahun. Target selanjutnya adalah pegawai bank, komunikasi, transportasi umum dan pendidikan.

Dengan demikian, Azerbaijan menjadi negara kelima pemakai vaksin Corona Sinovac. Sebelumnya, sudah ada China, Turki, Brasil dan Indonesia yang memakai vaksin Sinovac.

sumber: detik.com