JAKARTA, HETANEWS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat atas pelantikan Joseph Robinette Biden Jr dan Kamala Harris sebagai Presiden dan wakil presiden Amerika Serikat. Diketahui sebelumnya Biden dan Kamala Haris dilantik di Gedung Capitol AS, Washington D.C.

"Selamat kepada @JoeBiden and @KamalaHarris atas pelantikan sebagai Presiden ke-46 dan Wakil Presiden AS Ke-49 (Congratulations @JoeBiden and @KamalaHarris on your inauguration as the 46th President and 49th Vice President of the United States)," kata Jokowi dalam akun instagramnya dikutip merdeka.com, Kamis (21/1).

Dia pun mengajak Biden dan Kamala Harris untuk terus memperkuat kerja sama. Bukan hanya untuk dua negara Indonesia dan Amerika, tapi kata Jokowi untuk seluruh dunia.

"Marilah kita terus memperkuat kemitraan strategis kita, bukan hanya untuk kepentingan dua negara, tapi untuk dunia yang lebih baik (Let us continue to strengthen our strategic partnership, not only for the benefit of our two nations, but for a better world for all)," harap Jokowi.

Sebelumnya diketahui, Joseph Robinette Biden Jr diambil sumpahnya untuk menjadi presiden Amerika Serikat ke-46 Rabu siang 20 Januari waktu setempat di Gedung Capitol AS, Washington D.C. Dengan usianya yang 78 tahun, Biden menjadi presiden AS tertua yang diambil sumpahnya.

Sambil meletakkan tangan kirinya di atas Alkitab setebal 15 sentimeter yang sudah bersama keluarganya selama 128 tahun dan dipegang oleh istrinya, Jill, Biden mengangkat tangannya mengucapkan 35 kata sumpah yang dipandu Ketua Mahkamah Agung John G Roberts Jr.

"Saya Joseph Robinette Biden Jr bersumpah dengan sungguh-sungguh akan menjalankan tugas sebagai Presiden Amerika Serikat dan akan menjaga, melindungi, dan mempertahankan Konstitusi Amerika Serikat sekuat yang saya bisa," kata Biden tepat pukul 11.49, 11 menit sebelum perpindahan jabatan kepresidenan secara resmi beralih.

Biden diambil sumpahnya tak lama setelah Kamala Devi Harris diambil sumpahnya sebagai wakil presiden AS oleh Hakim Agung Sonia Sotomayor. Harris bersumpah memakai Alkitab yang pernah dimiliki Thurgood Marshall, tokoh pegiat hak sipil dan hakim Mahkamah Agung. Harris menjadi perempuan kulit hitam Amerika pertama dan sekaligus wanita keturunan Asia Selatan yang mempunyai jabatan tertinggi di Amerika.

Dalam pidatonya seusai diambil sumpah Biden berjanji akan membawa semangat persatuan untuk memimpin bangsa Amerika melalui masa yang paling membahayakan dalam sejarah Amerika. 

Baca juga: Usai Dilantik, Biden Cabut Sejumlah Kebijakan Trump

sumber: merdeka.com