JAKARTA, HETANEWS.com -  Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menyerahkan makalah ke Komisi III DPR RI untuk fit and proper test atau uji kelayakan. 

Makalah itu berjudul 'Transformasi Menuju Polri yang Presisi:Prediktif-Responsibilitas-Transparasi Berkeadilan'.

Makalah calon Kapolri Komjen Listyo Sigit ini diserahkan oleh Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widodo, Kapolda Jarim Nico Afinta, dan Kadiv Propram Polri Irjen Ferdi Sambo, di ruang Rapat Komisi III, kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (19/1/2021). 

Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani menunjukkan muka makalah Komjen Sigit.

"Beliau-beliau (Irjen Wahyu dkk) itu hanya menyerahkan bahan untuk fit and proper test besok pagi saja, sehingga sore dan malam ini kami bisa mendalami, masing-masing fraksi," kata Arsul.

Warna muka makalah Komjen Sigit cokelat dengan kombinasi warna kuning, hitam, dan putih. Terdapat foto Komjen Sigit di muka makalah calon Kapolri itu.

Arsul menyebut uji kelayakan calon Kapolri Komjen Sigit digelar terbuka besok. Namun jumlah peserta yang hadir fisik dibatasi.

"Kalau besok fit and proper test-nya terbuka. Hanya tidak bisa dihadiri secara fisik oleh tentu juga teman-teman media karena kami saja tidak boleh hadir secara fisik kecuali masing-masing dua orang per fraksi," ujarnya.

"Tapi kan bisa diikuti kan nanti lewat streaming maupun media TV Parlemen saya kira," imbuhnya.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan isi makalah Komjen Sigit berisi program kerja ke depan. Argo mengajak publik menyimak isi makalah Komjen Sigit saat uji kepatutan esok.

"Tadi pukul 15.00 WIB, materinya sudah diserahkan ke Komisi III DPR, oleh Ketua Tim Naskah Irjen Wahyu Widada (Kapolda Aceh) didampingi Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo," ujar Argo Yuwono dalam keterangannya.

"Intinya program kerja Kapolri ke depan. Besok kita dengarkan dan simak bersama saat fit and proper test di DPR," imbuhnya.

Baca juga: Tito: Listyo Siap Emban Amanah Kapolri

Sumber: Detikcom