BALIGE, HETANEWS.com - Tiga tersangka kasus narkotika jenis sabu ditangkap pihak Polres Toba setelah mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa di sebuah doorsmeer di Laguboti sering terjadi transaksi narkoba.

"Berawal dari laporan masyarakat yang layak dipercaya, bahwasannya di doorsmeer yang ada di Laguboti sering transaksi narkoba. Atas dasar informasi itulah, Tim Opsnal Polres Toba melakukan penyelidikan, dan benar," ujar Kasat Narkoba Polres Toba AKP Firman Peranginangin saat dikonfirmasi tribunmedan.id, Selasa (19/1/2021).

Dengan mengumpulkan data-data dan informasi dari masyarakat, pihak kepolisian langsung bergerak dan melihat langsung ke  lokasi.

"Pada hari Kamis (14/1/2021), sekira pukul 19.00 WIB melakukan penangkapan terhadap Nico Sitohang dan pada dianya, kita menemukan klip plastik transparan berisikan narkotika jenis sabu," sambungnya.

Tidak sampai pada penangkapan Nico Sitohang (32), warga Desa Sibarani Nasampulu, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, pihak kepolisian mendapatkan informasi bahwa sabu yang berada di tangan Nico Sitohang berasal dari Antoni Sibarani (32), sekampung dengan Nico Sitohang.

“Setelah dilakukan interogasi pada Nico, dari mana diperolehnya barang itu, maka oleh Nico disebut barang itu diperolehnya dari Antoni Sibarani. Sehingga dilakukan pengembangan dan penangkapan Antoni Sibarani di kediamannya di Desa Sibarani Nasampulu," lanjutnya.

Rantai penyebaran sabu tidak terhenti sampai di situ. Sabu yang diberikan kepada Nico Sitohang diperoleh Antoni Sibarani dari Febriana Hutabarat (37), seorang ibu rumah tangga yang berdomisili di Onan Raja, Balige.

"Nah, setelah kita mengamankan Antoni sibarani dengan kepemilikan barang Nico, Antoni Sibarani menerangkan bahwa barang itu diperoleh dari Febriana Hutabarat," katanya.

Febriana Hutabarat pun  langsung ditangkap oleh pihak kepolisian.

"Terhadap Febriana Hutabarat, pada pukul 21.30 pada hari Kamis (14/1/2021) dilakukan penangkapan terhadap Febriana Hutabarat. Nah, setelah pengembangan, kami melakukan penggeledahan di kediamannya di Onan Raja. Di rumahnya, kita ada menemukan dua paket kecil yang didalamnya diduga berisi narkotika jenis sabu," lanjut AKP Firman Peranginangin.

Dari ketiga pelaku, pihak kepolisian menyita barang bukti narkoba jenis sabu dengan ukuran yang bervariasi.

"Kemudian ketiga pelaku dilakukan proses penyelidikan di Satres Narkoba Polres Toba. Dari Nico, setelah kita lakukan  penimbangan berat kotornya sekitar 6,48 gram.

Terhadap barang yang kita temukan saat penggeledahan di kediaman Febriana Hutabarat seberat 1,62 gram," kata AKP Firman Perangin-angin.

"Jadi, belum kita timbang berat bersihnya. Untuk Antoni Sibarani tidak ada kita temukan, karena barang yang ada pada Nico asalnya dari si Antoni Sibarani," pungkasnya.

Sumber: tribunnews.com