SIANTAR, HETANEWS.com – Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (GEMAPSI) mengusulkan sosok Wakil Walikota Siantar pendamping dr Susanti Dewayani  dari kalangan etnis Simalungun.

Usulan itu disampaikan GEMAPSI melalui surat yang dikirimkan ke 8 Parpol pengusung pasangan calon tunggal Walikota dan Wakil Walikota Siantar pemenang Pilkada Serentak 2020, Almarhum Asner Silalahi dan dr Susanti Dewayani.

Ketua GEMAPSI, Anthony Damanik membenarkan adanya usulan tersebut. Ia menjelaskan, untuk kedua kalinya Kota Siantar kehilangan Walikota terpilih.

Dia menyebutkan dua Walikota Siantar terpilih pada Pilkada Serentak meninggal dunia sebelum dilantik menjadi Walikota defenitif.

Alasan itu salah satunya meminta kepada Parpol untuk memberikan kesempatan kalangan etnis Simalungun untuk memimpin Kota Siantar.

"Sudah dua kali kejadian yang tidak bisa dilihat mata. Jadi kita meminta kepada Parpol agar belajar dari pengalaman, ada dogma-dogma yang tidak terlihat," kata Anthony dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (18/1/2021).

Dikutip dari surat yang dilayangkan ke masing masing Parpol, GEMAPSI memohon dalam pengusulan Wakil Walikota Siantar masa bhakti 2021–2024 untuk mempertimbangkan kesempatan kepada Putra Etnis Simalungun.

"Kami meyakini ,dengan memberikan kesempatan kepada putra Etnis Simalungun hal ini dapat berarti Partai Politik telah menghormati Tuhan yang telah menciptakan Alam Kota Siantar sebagai Leluhur dari masyarakat Etnis Simlaungun," dijelaskan dalam surat.

Sebelumnya Calon Walikota Siantar terpilih pada Pilkada 2020, Asner Silalahi (59) tutup usia di RS Colombia Kota Medan, Rabu 13 Januari 2021 sekitar pukul 17.30 WIB. Asner dikabarkan sakit sejak Desember 2020 silam.

Bersamaan dengan itu Putra sulung dari calon Walikota terpilih, almarhum Asner Silalahi, bernama Sondi Viktor Silalahi (27) didukung menggantikan almarhum Asner untuk melanjutkan cita citanya membangun Kota Siantar.

Dukungan kepada Sondi juga datang dari para pendukung Paslon Asner-Susanti [PASTI] dan warga Siantar di rumah duka sebelum almarhum dimakamkan, Jumat 15 Januari 2021.

Meninggalnya Asner Silalahi  mengingatkan duka Pasca Pilkada dimana  Walikota  Siantar terpilih 2015-2020, Almarhum Hulman Sitorus, meninggal dunia pada Kamis, 8 Desember 2016 sekitar pukul 04.00.

Dua pemenang Pilkada Siantar ini tak sempat dilantik karena lebih dulu berpulang kepada sang pencipta. Dengan itu pula tampuk kepemimpinan Walikota jatuh kepada Wakil Walikota.

Baca juga: Peluang Putra Sulung Almarhum Asner Menjabat Wakil Walikota